Kamis, 21 November 2019

Kawatu : Paud adalah Upaya Peningkatan Pengembangan Kemampuan Anak dan Merupakan Kebijakan Nasional

manadoterkini.com, SULUT – Pendidikan anak usia Dini (Paud) merupakan upaya meningkatkan, mengembangkan mutu serta upaya merangsang kemampuan anak usia dini, diingat pada masa inilah manusia dibentuk. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Asiano Gammy Kawatu SE MSi, usai pelantikan Ibu Ir Rita Dondokambey-Tamuntuan sebagai Bunda Paud Provinsi Sulut, di Graha Gubernuran, Bumi Beringin, Kamis (02/06/2016).

Kawatu mengatakan, ini merupakan kebijakan nasional, secara struktural Bunda Paud dimulai dari Pusat yakni Ibu Presiden, Ibu Gubernur, Ibu Bupati dan Ibu Walikota, Ibu Camat sampai Ibu lurah dan Ibu Kepala Desa semuanya adalah bunda bunda Paud.

“Karena itu, Ibu Gubernur yang juga selaku Bunda Paud, sudah menyampaikan kedepan secepatnya semua potensi dalam rangka mengembangkan anak usia dini ini, termasuk di kabupaten kota akan di konsolidasi, karena mereka bisa membantu secara dana untuk guru guru yang ada di Paud, ” tandas Kawatu.

Ada 2000 Paud , dan kurang lebih 80.000 anak anak yang bersekolah di Paud.
Karena itu, tadi juga sudah dilantik badan Akreditasi Provinsi untuk paud dan pendidikan non formal (PNF).

Dia juga menuturkan bahwa kegiatan seperti ini pertama kalinya dilaksanakan di Sulut. Kegiatan hari ini dalam rangka merangsang kemampuan anak anak, namun perlu diingat Paud masuk dalam kelompok bermain, tapi jangan lupa 60% manusia itu dibentuk pada saat diusia dini.

“Kegiatan sebagai wadah mengekspresikan kemampuan mereka, seperti menggambar , menulis, membaca, puisi, dalam tari tarian dan lainnya,” ujarnya sembari mengatakan kegiatan seperti ini direnncanakan 2 kali dalam setahun.

Disinggung soal standarisasi Paud, Dia menyampaikan, nantinya ada standar sekolah paud, ada aturan aturannya.(alfa)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*