Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Bitung

Pemkot Bitung Lakukan Pembiaran Limbah Tahu Mengalir di Sungai Girian

×

Pemkot Bitung Lakukan Pembiaran Limbah Tahu Mengalir di Sungai Girian

Sebarkan artikel ini

Pemkot Bitung Lakukan Pembiaran Limbah Tahu Mengalir di Sungai Girianmanadoterkini.com, BITUNG – Pemerintah kota (pemkot) Bitung dibawah pimpinan Max Lomban dan Maurits Mantiri sebagai Walikota dan Wakil walikota Bitung hanya menjadikan slogan terkait pelestarian lingkungan.‎


Menjaga dan melestarikan lingkungan yang selama ini selalu didengungkan jajaran Pemkot Bitung tak sejalan dengan kenyataan dilapangan.

Salah satu contoh adalah aktifitas pembuangan limbah tahu ke sungai yang dilakukan oleh puluhan industri rumah tangga pembuat tahu dan tempe, tepatnya ‎di Lingkungan Dua RT 1 kelurahan Girian bawah, kecamatan Girian.‎

Ironis memang, aksi pembuangan limbah tahu ini sudah berlangsung bertahun-tahun tanpa ada tindakan nyata dari Pemkot Bitung untuk menghentikan aksi itu.

“Dilokasi itu ada bangunan Intalasi Pengelolaan air Limbah (IPAL) Biogas tahu, tapi sayang tak berfunsi, padahal tujuan pembangunan IPAL untuk mengolah limbah-limbah tahu,” kata salah satu anggota Pecinta Alam Kota Bitung, Wesly Tamasiro, Selasa (7/6/).

Wesly menilai, para pelaku usaha tahu dan tempe tak ada pilihan selain membuang limbah tahu ke aliran sungai. Mengingat fasilitas yang disiapkan Pemkot Bitung untuk mengumpulkan limbah hanya menjadi pajangan.

“Sosialisasi agar tak membuang limbah ke aliran sungai kemungkinan besar tak pernah dilakukan Pemkot, dan hanya diam tiap hari limbah itu menghiasi aliran Sungai Girian,” katanya.(ref)