Rabu, 20 November 2019

IPM Tertinggi se-Sulut, Tomohon Menuju Konsep Smart City

eman

Walikota Jimmy Eman

manadoterkini.com, TOMOHON – Pemerintah dan Masyarakat Kota Tomohon patut berbangga karena saat ini dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM) telah menempati posisi tertinggi di Provinsi Sulawesi Utara. Seperti yang disampaikan Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak yang diiyakan Sekda DR Drs Arnold Poli SH MAP bersama Kepala Bappeda Ir. Enos Pontororing M.Si sesuai data dari Badan Pusat Statistik Kota Tomohon.

Hal tersebut mengemuka dalam kegiatan bertajuk sinkronisasi dan verifikasi rencana strategis SKPD dengan rancangan awal RPJMD Kota Tomohon Tahun 2016-2021 yang dilaksanakan di Lantai III Kantor Walikota (9/6/16) yang diikuti oleh seluruh kepala SKPD.

Dalam indikator daerah Kota Tomohon saat ini untuk IPM Tahun 2015 berada pada angka 73,56 diatas dari IPM Provinsi Sulut pada angka 69,96 dengan PDRB Tomohon 27,30 dan Sulut 33,74 Angka Pengangguran Tomohon 7,84 dan Sulut 9, Tingkat Kemiskinan Tomohon 6,28 dan Sulut 9, dengan Umur Harapan Hidup 72,92 dan Sulut 70,9 begitu juga dengan Pertumbuhan Ekonomi 6,90 dan Sulut 6,31. Capaian Pembangunan manusia dapat dilihat melalui indikator yakni Indeks Pembangunan Manusia dimana IPM mengukur tingkat pembangunan di bidang kesehatan, pendidikan, dan ekonomi.

Capaian dalam indeks ini merupakan hasil kerja keras bersama pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan kemajuan pembangunan di Kota Tomohon.

Dalam kesempatan ini Walikota Jimmy F Eman SE Ak mengharapkan agar penyajian Renstra SKPD dilakukan secara sistematis dan terpadu ke dalam tujuan, strategi kebijakan, program dan kegiatan prioritas SKPD serta dilengkapi dengan indikator atau tolok ukur pencapaiannya.

“Kesesuaian dan konsistensi dengan hubungan dengan RPJMN Nasional Tahun 2015-2020 dengan Nawacita yakni 9 agenda pembangunan prioritas. Dijabarkan dan dioperasionalkan secara optimal dan tercipta harmonisasi irama pembangunan dengan RPJMD Kota Tomohon Tahun 2016-2021 dan pada teknis inilah pendekatan Top Down diimplemntasi dalam penyusunan RPJMD Kota Tomohon,” ungkap Eman.

Selanjutnya dalam RPJMD Tahun 2016-2021 yang akan kita hasilkan adalah merupakan kebijakan pembangunan tahap ke 3 dari RPJPD Kota Tomohon yang secara spesifik diarahkan pada sasaran melanjutkan program-program pembangunan tahap ke 2 (2010-2015) yang belum terselesaikan dengan penekanan pada sasaran yang ingin di capai sehingga telah dirumuskan dalam Visi Terwujudnya Masyarakat Kota Tomohon Yang Religius, Berdaya Saing, Demokratis, Sejahtera, Berbudaya dan Berwawasan Lingkungan, menuju Kota Wisata Dunia.

Dengan 7 Misi : Mewujudkan masyarakat berkualitas, berakhlak mulia, bermoral, beretika melalui pendidikan yang unggul, Mewujudkan daerah berdaya saing dan mandiri, Mewujudkan Kota Tomohon yang demokratis berdasarkan hukum, Mewujudkan Kota Tomohon yang aman, damai dan bersatu dalam keberagaman, Mewujudkan masyarakat Kota Tomohon yang berkepribadian dalam kebudayaan, Mewujudkan pembangunan berwawasan lingkungan yang berkelanjutan, dan Mewujudkan Tomohon sebagai kota wisata dunia. (toar)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*