Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Bitung

Usai Lebaran, Pria Ini Siap Bongkar Bangunan IPAL Biogas Girian Bawah

×

Usai Lebaran, Pria Ini Siap Bongkar Bangunan IPAL Biogas Girian Bawah

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, BITUNG – Bangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Biogas Tahu yang berada ‎di Lingkungan 02 RT 01 Kelurahan Girian Bawah, Kecamatan Girian ini rencananya usai lebaran akan dibongkor.

bitungSebelumnya pemerintah kota (Pemkot) Bitung melalui kepala bagian (kabag) Aset, Deni Mantouw mengatakan bahwa, IPAL tersebut sudah masuk aset Pemkot Bitung dengan masa pemeliharaan selama 30 tahun.

Menanggapi hal tersebut, Hartono sebagai pemilik lahan mangatakan bahwa, perjanjiannya dengan pihak BLH hanya pinjam pakai, artinya selama tanah itu dipakai. “Tidak ada tanah ini dihibahkan, cuma ada perjanjian pinjam pakai,” katanya.

bitungDitambahkannya pula bahwa bangunan tidak digunakan sejak dibangun, perjanjiannya juga ketika dipakai, sekarang tidak dipakai makanya akan dibongkar. “Usai lebaran saya akan bongkar,”ujar Hartono, Senin (13/6).

Bangunan IPAL Biogas yang sedianya akan diperuntukan bagi para pelaku industri rumah tangga, untuk pembuatan Tahu dan Tempe ini tidak berfungsi sebagaimana yang direncanakan sejak mulai dibangun tahun 2012 silam dengan anggaran bagunan IPAL Biogas yakni tahun 2012 sebesar Rp 197.400.000 dari APBD dan APBN sebesar Rp327.500.000, Kemudian tahun 2013 kembali dianggarkan sebesar Rp142.750.000 dari APBD.(ref)