Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

Kondisi Cuaca Ekstrim, BPBD Sulut Siaga 1 x 24 Jam

×

Kondisi Cuaca Ekstrim, BPBD Sulut Siaga 1 x 24 Jam

Sebarkan artikel ini

banjir dan longsormanadoterkini.com, SULUT – Hujan deras disertai angin kencang melandah wilayah Sulawesi Utara (Sulut) beberapa jam, bahkan melanda daerah ini dari kemarin hari, mengakibatkan bencana alam disejumlah kabupaten kota. Menyikapi kondisi ini Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulut, Nouldy Liow mengambil langkah antisipasi cepat, dengan siap 1 x 24 jam menerima laporan serta penanganan bencana.

“Kami mengimbau warga khususnya yang berada didaerah rawan banjir dan longsor seperti dibantaran sungai, lereng dan bukit untuk tetap waspada. Jika mulai merasa ada sesuatu yang urgen segera lakukan evakuasi dan melaporkan ke BPBD, ” tandas Liow.

Diakuinya pula sudah mendapatkan informasi dari wilayah Kepulauan Sangihe dan Talaud yang sejumlah rumah dan orang yang mengalami musibah akan segera dilakukan penindakan.

“Pemerintah saat ini dalam siaga bencana. Kami terus melakukan pemantauan secara intens di sejumlah lokasi yang rawan bencana. Jika terjadi bencana alam susulan dan ada laporan dari pemerintah setempat serta masyarakat kami siaga selama 1 X 24 jam, ” ujarnya.

Diketahui dari data yang diterima BPBD Provinsi Sulut, untuk Kabupaten Sangihe di Desa Akembawi dan Beha terjadi banjir bandang. Sampai pagi tadi kerusakan akibat bencana tersebut ada 40 rumah, dan 4 orang hilang, yang saat ini masih sementara dievakuasi. Sementara gelombang pasang dilaut masih terjadi saat ini.

“Pemprov akan segera mengirimkan tim BPBD dan sekaligus membawa bantuan kasur, tikar, selimut, fanily kid lauk pauk tambahan gisi masing masing 100 buah. Ini sesuai arahan pak Wagub Steven Kandouw, ” jelasnya.

Ditambakannya, untuk alamat posko siaga di dipusatkan dikantor BPBD Sulut Jalan Bethesda Manado Telepon 08124109900 dan 081355861244. (alfa)