Sabtu, 21 September 2019

Dinkes Pastikan Minsel Aman Dari Vaksin Palsu

manadoterkini.com, AMURANG-Kasus peredaran berbagai jenis vaksin palsu diberbagai daerah di Indonesia seperti vaksin polio yang sering digunakan untuk balita rupanya menjadi ketakutan masyarakat di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Buktinya, belakangan ini, banyak ibu yang menyusui sering datang ke Puskesmas menanyakan soal vaksin palsu. Takutnya, sampai di Minsel.

“Terus terang kami dibuat takut dan tidak nyaman dengan kabar vaksin palsu yang sudah beredar luas. Kami khawatir, jangan-jangan sampai di Minsel. Makanya kami datang ke Puskesmas untuk memastikan,” ujar beberapa ibu rumah tangga saat bersua dengan manadoterkini.com.

Mereka berharap, Pemkab Minsel khususnya Dinas Kesehatan (Dinkes) lebih maksimal mengawasi vaksin palsu agar tidak masuk diwilayah Minsel. Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinkes Minsel dr Trenny Paruntu menyatakan bahwa, di Minsel aman dari vaksin palsu.

“Untuk obat jenis vaksin yang ada sama instansi Pemerintah itu aman,” ujarnya kepada manadoterkini.com.

Menurut Dia, sesuai informasi dari Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) baru-baru ini, hasil tindaklanjut mereka dilapangan Sulut termasuk Minsel aman dari vaksin palsu.

“Tapi saya sarankan kepada warga yang ingin melakukan pengobatan dan ingin polio anaknya, agar datang ke instansi pemerintah karena dijamin aman,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*