Selasa, 17 September 2019

Awal Masuk Sekolah, Lomban : Orang Tua Wajib Antar Anaknya

Lomban, Bitung

Walikota Bitung MJ Lomban

manadoterkini.com, BITUNG – Walikota Bitung Maximilian Johas Lomban SE MSi, menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, terkait himbauan kepada segenap ‎orang tua agar mengantar atau mendampingi anaknya diawal masuk sekolah.

“Hal ini terkait kampanye hari pertama masuk sekolah, dengan ‎mengajak orang tua untuk mengantarkan anaknya di hari pertama masuk sekolah.Diman akan dilaksanakan pada tanggal 18 Juli 2016 pekan depan,” katanya.

Sesuai Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2016 tentang Hari Pertama Sekolah ‎dinyatakan bahwa Hari pertama sekolah juga menjadi kesempatan mendorong ‎interaksi orang tua dengan guru untuk menjalin komitmen bersama dalam ‎mengawal pendidikan anak.

Himbauan KemendikbudUntuk itu diharapkan agar para orang tua menangapinya atas himbauan ‎tersebut, sebab hal ini penting dan menjadi kewajiban dan tanggungjawab ‎orang tua sebagai wujud memotivasi anaknya yang akan menghadapi suasana ‎baru, dan bertemu dengan lingkungan baru.

“Hari pertama merupakan langkah awal anak untuk melakukan perjalanan panjang ‎di rumah keduanya yaitu sekolah, juga sebagai tujuan lain yakni supaya ‎interaksi ‎antara sekolah dan orangtua dapat membangun hubungan positif soal L‎ingkungan pendidikan di rumah dan sekolah,” urai Lomban.

Kemendikbud juga meminta seluruh kepala daerah se-Indonesia untuk turut ‎mendukung penyebaran pesan hari pertama sekolah atau hari pertama masuk ‎sekolah dengan harapan yakni :

1. Mendorong Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS untuk mengantar anak ke ‎sekolah di hari pertama sekolah dan dapat memberina dispensasi dapat ‎memulai kerja sesudah mengantar anak ke sekolah di hari pertama masuk ‎sekolah

2. Mendukung sekolah dalam menyambut siswa baru dan berinteraksi dengan ‎orang tua

3. Menyampaikan kepada instansi swasta di daerah agar memberikan dispensasi ‎bagi karyawan untuk dapat memulai kerja sesudah mengantarkan anaknya ke ‎sekolah di hari pertama masuk sekolah

4. Menggunakan berbagai kanal informasi untuk menyebarkan pesan hari ‎pertama masuk sekolah kepada public disetiap daerah.‎(ref)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*