Minggu, 15 September 2019

Ganti Slogan “Torang Samua Basudara”, Wagub : Torang Samua Ciptaan Tuhan

manadoterkini.com, SULUT – Ada hal yang menarik dalam sambutan Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven Kandouw pada HUT Kota Manado ke 393, Kamis (14/7/2016) siang tadi. Dimana slogan “Torang Samua Basudara” diganti dengan “Torang Samua Ciptaan Tuhan”.

Wagub Kandouw

Sambutan Wagub Steven Kandouw di HUT Kota Manado ke 393

Untuk itu, Wagub sebelumnya meminta maaf kepada mantan Gubernur EE Mangindan yang menjadi pencetus slogan “Torang Samua Basudara” tersebut. “Maaf kepada pak Mangindaan karena slogan, ”Torang Samua Basudara” kami ganti dengan “Torang Samua Ciptaan Tuhan”. Alasannya, kalu torang samua ciptaan Tuhan, tentunya juga torang samua basudara,”terang Wagub Kandouw yang disambut applaus ratusan undangan diakhir sambutannya dalam rapat paripurna dewan Kota Manado dalam rangka peringatan HUT ke 393 Kota Manado di ruang serbaguna Pemkot Manado.

Penggantian slogan ini juga dikatakan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE saat safari Ramadhan waktu lalu di Kabupaten Bolaang Mongondouw Utara (Bolmut). Dimana dalam kesempatan itu juga Gubernur ikut mensosialisasikan pemakaian Peci ala Imam Bonjol.

Wagub Kandouw

Wagub Sulut Steven Kandouw

“Ini diungkapkan langsung Pak Gubernur, Olly Dondokambey. Jadi siapa pun Dia, warga Sulut maupun Manado yang berada disini adalah ciptaan Tuhan. Kita berbeda suku, agama dan bahasa tapi kita semua ciptaan Tuhan,” tegas Wagub di depan seluruh tamu pejabat, para anggota dewan dan undangan terhormat yang hadir.

Dengan ide OD-SK melahirkan jargon terbaru “Torang Samua Ciptaan Tuhan” maka berakhir sudah jargon “Torang Samua Basudara” yang dicetuskan mantan Gubernur Sulut, E.E Mangindaan yang kini sebagai menjabat Wakil Ketua MPR RI.

Jargon “Torang Samua Basudara” di masa kepemimpinan Mangindaan sebagai Gubernur sejak 1 Maret 1995 hingga 1 Maret 2000 memang sangat melekat bagi masyarakat luar untuk sebutan warga Sulut, terlebih Manado. Bahkan selama 2 dekade hingga saat ini Sulut sudah berganti 3 kali pemilihan Gubernur, jargon “Torang Samua Basudara” masih sangat populer.

Kini di tangan OD-SK sebagai Gubernur dan Wagub Sulut periode 5 tahun kedepan melahirkan jargon baru “Torang Samua Ciptaan Tuhan”. Bahkan jargon ini sudah mulai disosialisasikan melalui beberapa papan reklame bilboar yang tersebar di sejumlah titik di Kota Manado. Dengan demikian, “Jargon Torang Samua Basudara” tinggal kenangan.

“Minta maaf, untuk slogan Torang Samua Basudara kita rubah. Saat ini kita menggunakan Torang Samua Ciptaan Tuhan sebagai slogan kerukunan dan kedamaian masyarakat Sulut, termasuk di Kota Manado sebagai ibukota provinsi,” pungkas politisi PDIP ini.(tim)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*