Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Wagub Hadiri Pembukaan Jamnas Pramuka ke X Bumi Perkemahan Cibubur

×

Wagub Hadiri Pembukaan Jamnas Pramuka ke X Bumi Perkemahan Cibubur

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs. Steven Kandouw bersama Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulut Dr. Kartika Devi Kandouw Tanos, menghadiri acara pembukaan Jambore Nasional (Jamnas) X 2016 di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur, Minggu (14/08/2016). Pembukaan Jamnas X dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo ditandai dengan pemukulan Timpani alat musik dari Papua yang diikuti perkusi.

wagubDengan mengambil tema ” Bangun Karakter Kaum Muda Melalui Kegiatan yang Keren, Gembira, Asyik ” HUT Pramuka dihadiri sebanyak 25 ribu peserta tingkat penggalang seluruh Indonesia, termasuk Pramuka berkebutuhan khusus dari 34 Kwarda seluruh Indonesia dan peserta dari luar negeri terdiri dari Malaysia, India, Timor Leste, Filipina, Nepal, Thailand, Belanda serta KBRI Malaysia dan KBRI Rusia.

Mengawali sambutannya, Presiden mengucapkan selamat Ulang Tahun Pramuka yang ke 55. ” Dengan tema kali ini, saya berharap menjadi momentum bagi Gerakan Pramuka untuk kembali menjadi ajang pembelajaran yang asyik dan menyenangkan bagi anak muda, ” ucapnya.

wagubPresiden juga berpesan kepada anak-anak muda yang akan menjadi pemimpin bangsa di masa depan.

“Ingat Indonesia adalah bangsa besar. Bangsa yang memiliki 250 juta penduduk yang majemuk. Dari Sabang sampai Marauke dan kita memiliki 17 ribu pulau serta 2/3 adalah laut. Sebagai bangsa yang besar tantangan yang akan kita hadapi juga besar, mulai dari kemiskinan, ketimpangan sosial dan pengangguran. Kedepan seiring dengan kompetisi antar negara maka kita juga dihadapkan dengan tantangan yang memiliki daya saing dan kreativitas yang tinggi, ” pesan Presiden Joko Widodo.

Untuk itu Presiden ingin anak-anak muda untuk mempersiapkan diri menjadi generasi muda Indonesia yang kuat dan tangguh, menyiapkan diri menjadi anak muda yang produktif, anak muda yang penuh optimisme.

“Saya mengajak gerakan Pramuka untuk terus mengikuti kemajuan teknologi informasi yang berkembang dengan cepat. Gunakan kemajuan teknologi ini untuk menyebarkan pesan-pesan gerakan Pramuka. Gunakan medsos untuk mengajak anak muda bergabung pada Pramuka, ” tandasnya.

Pada kesempatan itu Presiden memberikan Penganugerahan tanda penghargaan tertinggi gerakan Pramuka berupa Lencana Tunas Kencana kepada Megawati Seokarno Putri. Penghargaan lain juga diberikan kepada 37 orang penerima berupa Lencana Mabida Peduli kepada 3 orang, Lencana Melati kepada 15 orang, Lencana Darma Bakti kepada 5 orang, Lencana Satyawira Madya kepada 8 orang, Lencana Karya Bakti kepada 1orang, Lencana Pancawarsa Utama kepada 1 orang dan Lencana Teladan kepada 4 orang.

Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw sendiri menitip pesan kepada seluruh peserta Jamnas utusan Sulut yang mengikuti acara untuk mengikuti setiap kegiatan yang direncanakan, menjaga kesehatan serta tetap menjaga nama baik daerah dan membangun hubungan baik antas sesama peserta dari daerah lain.(alfa)