Kamis, 17 Oktober 2019

Rutan Malendeng Ikut Pecahkan Rekor MURI

rutan malendeng

Kepala RuTan Kelas IIA Manado, AZ Fikri bersama jajarannya beserta WBP, mempersiapkan pemecahan rekor MURI. (ist)

manadoterkini.com, MANADO - Dengan melibatkan 2500 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang tersebar di 13 Lapas dan Rutan di daerah ini, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulut turut berandil besar dalam memecahkan Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) dalam agenda heboh yang diprakarsai Ditjen Pemasyarakatan Kementrian Hukum dan HAM dalam mengisi kegiatan peringatan Kemerdekaan HUT RI. Dua acara yang tercatat dalam MURI pagi kemarin adalah dengan menggelar pertandingan olahraga tradisional Terompa Panjang (Bakiak) dan secara massal menyanyikan lagu Hari Merdeka.

‘’Momen bersejarah yang tercatat dalam Rekor MURI itu melibatkan semua Lapas dan Rutan di Indonesia, termasuk 13 Rutan dan Lapas, Cabang Rutan dan satu Lembaga Pembinaan Khusus Anak yang ada di Sulut,’’ ujar Kakanwil Kemenkumham Sulut, Dr. H. SUDIRMAN D. HURY, Senin (15/08)

Didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv Pas) Kanwil Kemenkumham Sulut, Anthony Ayorbaba, Sudirman menambahkan, untuk Indonesia melibatkan 150 ribu WBP di 200 UPT yang ada. Dan secara nasional, yang dihadiri langsung oleh Menteri Hukum dan Ham, Yasonna Laoly, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Dirjen PAS, I Wayan Dusak dan Ketua Dewan MURI Jaya Suprana dipusatkan di Lapas Narkotika Cipinang, Jaktim.

’’Kami di Sulut ikut memecahkan rekor ini dengan berbagai keunikan. Bahkan di Lapas Lirung, bukan hanya melibatkan WBP, tapi aparat TNI dan pelajar SMP Negeri I Lirung juga berpartisipasi,’’ ujar Kakanwil yang intens memantau pemecahan rekor ini dari berbagai UPT di Sulut. Keduanya mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi positif kepada semua Kepala Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan di Sulut yang telah berpartisipasi aktif dengan suksesnya hajatan yang mencatat dua rekor sekaligus. ‘’Ini juga sebagai sumbangsih kami kepada semua WBP untuk terlibat aktif dalam kegiatan-kegiatan positif,’’ ungkap mereka.(tim)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*