Selasa, 15 Oktober 2019

Sulawesi Utara Target Proyek Palapa Ring

 

manadoterkini.com, SULUT – Salah satu program pemerintah pusat dalam menjawab kebutuhan telekomunikasi masyarakat diwilayah kepulauan dan pedalaman yakni dengan Proyek Palapa Ring. Program yang dilaksanakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia (RI) ini, menargetkan salah satu daerah yang masuk Paket Tengah adalah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yakni Sangihe dan Talaut.

Gubernur Sulut

Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat memberikan sambutan pada sosialisasi Proyek Palapa Ring

Dalam rangka persiapan program ini, kemarin Jumat (26/08/2016), Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo) RI, Rudi Antara bersama rombongan Anggota DPR RI Komisi I, melaksanakan Sosialisasi Proyek Palapa Ring Paket Tengah, di Ruangan Rapat C J Rantung, Kantor Gubernur Sulut.

Proyek Palapa Ring adalah proyek pembangunan infrastruktur jaringan tulang punggung serat optik nasional yang ditujukan demi pemerataan akses pitalebar (broadband) di Indonesia.

Dalam sambutannya, Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengucapkan terima kasih ke pemerintah pusat atas dipilihnya Sulut sebagai tuan rumah sosialisasi dan juga sebagai salah satu daerah pembangunan Proyek ini.

manado

Gambar Paket Tengah Proyek Palapa Ring

“Saya selaku Gubernur Sulut mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memilih Sulut sebagai tuan rumah sosialisasi Palapa Ring Paket Tengah yang bisa bermanfaat bagi masyarakat yang nantinya sudah bisa mengupdate informasi cepat melalu Internet, ” ungkapnya.

Menurut Dondokambey, proyek tersebut akan bersinergi langsung dengan Pemprov Sulut yang sekarang ini lagi menggenjot sektor pariwisata.

“Sekarang sudah 5 provinsi di negara Cina. Mudah-mudahan dengan adanya Proyek Palapa Ring ini lebih baik dan cepat untuk menginformasikan kepada masyarakat disemua umur yang bisa diakses lewat Youtube dan aplikasi internet lainnya, ” harap mantan Anggota DPR RI ini.

Sementara anggota DPR RI Komisi I, Irine Lusiana Lobaputri (Farksi PDIP Dapil Maluku Utara-red) dalam sambutannya mengatakan bahwa kedatangan pihaknya ke Manado, dalam rangka menjalankan fungsi mereka sebagai Komisi I, yakni pengawasan.

“Kehadiran kami pada intinya Komisi I yang membidangi Telekomunikasi, pengawasan, Intelejen memastikan apakah Palapa Ring merupakan program yang benar-benar bisa menjawab kebutuhan masyarakat dibidang informasi khususnya internet cepat, ” terang Irine.

Hadir dalam kegiatan itu 5 Gubernur dari Provinsi bagian Tengah serta sejumlah Bupati Walikota serta jajaran Forkopimda Sulut.

Diketahui, Paket Tengah Proyek Palapa Ring meliputi wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara (sampai dengan Kep. Sangihe-Talaud) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.700 km.(alfa)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*