Jum'at, 19 Juli 2019

Mendikbud Berharap Lewat FLS2N Siswa Berperan Aktif Dalam Pengembangan Budaya

 

pemprov sulutmanadoterkini.com, SULUT – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Prof. DR Muhadjir Effendy MAP berharap, melalui kegiatan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), para siswa sebagai bagian dari 45 juta remaja Indonesia, berperan aktif dalam pengembangan kebudayaan dan kesenian nasional. Hal ini disampaikannya saat membuka ajang nasional FLS2N, di Hotel Novotel GKIC Manado, Senin (29/08/2016).

Diapun menambakan, ini merupakan perwujudan Tri Sakti sejak usia muda, dengan turut membangun bangsa yang berkepribadian dalam budaya. Dia juga mengatakan, atas nama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, menyampaikan apresiasi dan selamat atas kegiatan bergengsi ditingkat nasional ini, serta besar harapan untuk hasil yang sempurna.

” Diharapakan kepada seluruh siswa anak-anak ku agar dalam agenda ini saling menghargai segala bentuk kebudayaan dan kekayaan sumber daya yang dimiliki bangsa Indonesia karena manfaatkan momen ini untuk membangun tali persaudaraan bagi para siswa. Para siswa yang mengikuti kegiatan ini merupakan mereka yang terbaik dan terpilih di sekolah masing-masing, senantiasa diingat kemenangan harus diraih dengan sikap sportifitas, profesional dan bersinergi dalam keberasamaan, ” terang Mendikbud.

Sebagai bagian dari pengembangan dan penguatan karakter siswa, kegiatan ini perlu dikembangkan secara sistematis dan menyeluruh dalam rangka perwujudan Nawacita ke-8 yaitu melakukan revolusi karakter bangsa dan ke-9 yaitu memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia.

Sebelumnya Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud Hamid Muhammad PhD melaporkan kegiatan FLS2N pertama kali dilaksanakan pada Tahun 2008 di Bandung Jawa Barat dan Tahun 2015 dilaksanakan di Palembang Sumatera Selatan. FLS2N yang ke IX kali ini berlangsung di Manado Sulawesi Utara mulai 28 Agustus s/d 3 September 2016.

Tema yang diangkat pada FLS2N tahun ini “ Berkreasi, Berkarya dan Berprestasi ”. Melalui tema tersebut diharapkan para siswa dapat menunjukan hasil kreatifitas dan karya yang dimiliki berdasarkan nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa untuk mencapai suatu prestasi yang membanggakan.

Sedangkan pesertanya menurut, Muhammad merupakan siswa-siswi berprestasi dari jenjang SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB, dan SMK baik negeri maupun swasta dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia berjumlah 2.945 siswa. Jika ditambah dengan pendamping, Pembina, juri, asisten juri panitia pusat dan panitia daerah, maka jumlah keseluruhan partisipan FLS2N sebanyak 5.231 orang.(alfa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*