Senin, 16 September 2019

Realisasi PAD Bolmong Masih Minim

manadoterkini.com, BOLMONG-Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) diminta bekerja ekstra untuk meraup Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pasalnya, hingga semester I lalu, PAD yang masuk baru sekitar Rp16 miliar. Sedangkan, target yang diberikan sesuai pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun lalu, sebesar Rp 39 miliar.

Berdasarkan data yang diperoleh, rendahnya realisasi PAD di Pemkab Bolmong disebabkan belum masuknya beberapa item pendapatan. Semisal, dibidang retribusi. Total dana yang terkumpul selama enam bulan terakhir hanya Rp 8 miliar sedangkan target Pemkab adalah sebesar Rp21 miliar.

Selain itu, tidak signifikannya PAD disebabkan belum terealisasinya dana pendapatan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan seperti yang ditargetkan sebesar Rp 2,5 miliar.

“Pemkab harus menggenjot PAD. Sebab PAD sangatlah penting untuk menunjang berbagi penganggaran pembangunan maupun operasional Pemkab Bolmong,” ujar Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling.

Menurut Komaling, target PAD Rp 39 miliar disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi pajak daerah. Sehingga Dia mengatakan, PAD yang ditetapkan sangatlah real dengan potensi Bolmong.

“Kita berharap akhir tahun ini PAD mencapai target yang diberikan,” tandasnya.

Sementara itu ditempat terpisah Sekdakab Bolmong Ashari Sugeha mengatakan, sejak semester I lalu, realisasi PAD bulan Juli makin bertambah. Lagipula kata Sugeha biasanya pajak maupun pendapatan lain-lain yang sah akan masuk akhir tahun.

“Saat ini saja Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) masih sementara ditagih. Begitu juga dengan pendapatan yang lain akan masuk pada akhir tahun,” kata Sugeha.

Dia menambahkan, pihaknya akan berupaya untuk menggenjot PAD, sehingga akhir tahun nanti target yang diberikan sesuai harapan.

“Kita upayakan pada Desember mendatang realisasi PAD sudah mencapai target,” tandasnya.(fad/dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*