Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Pemerintahan

Senin Depan ASN Pemprov Sulut Beragama Kristen Terima Gaji 14

×

Senin Depan ASN Pemprov Sulut Beragama Kristen Terima Gaji 14

Sebarkan artikel ini

 

wagub sulutmanadoterkini.com, SULUT – Mulai hari Senin, 5 September 2016 seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) yang beragama Kristen yang bertugas dilingkup pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sudah akan menerima gaji 14. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw saat memimpin apel olaraga dalam rangka menyambut kegiatan HUT ke-52 Provinsi Sulut, di halaman kantor Gubernur, Jumat (02/09/2016).

Dia berharap seluruh SKPD segera mengajukan permintaan di Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daerah (BPKBMD) Provinsi Sulut untuk proses pencairannya.

Kandouw mengatakan, alasan proses pembayaran gaji 14 bagi ASN Pemprov harus dipercepat dari rencana semula, yakni dibayarkan pada bulan Desember 2016 nanti, telah menjadi salah satu penyebab penyerapan anggaran kita sangat rendah, padahal uang kita masih banyak, sehingga terjadinya perubahan penundaan Dana Alokasi Umum (DAU) bagi Pemprov Sulut sebesar Rp. 154 Miliar selama Empat bulan, September hingga Desember.

“Karena itu saya perintahkan, para Kepala SKPD lingkup Pemprov Sulut segera mengajukan permintaan pembayaran di BPKBMD, sehingga minggu depan ASN sudah bisa menikmatinya,” tandas mantan Ketua Deprov Sulut ini.

Namun dia mengingatkan, agar gaji 14 ini dapat di manfaatkan sebaik mungkin, karena bulan Desember nanti ASN lingkupnya Pemprov sudah tidak akan menerimanya.

Bagian lain Kandouw menyebutkan, akibat dari penundaan DAU, maka Pemprov Sulut melakukan pemangkasan anggaran belanja dan penundaan pembayaran kegiatan proyek yang sedang berjalan di seluruh SKPD.

Meski demikian, dari 52 SKPD di Pemprov, hanya 6 SKPD yang mendapat tambahan dana sementara yang lain terjadi pemotongan seperti Diknas Sulut. Wagub mencontohkan BKD Sulut mengalami penambahan dana karena ada kegiatan assesment atau seleksi calon pejabat eselon setelah adanya organisasi perangkat daerah (OPD) baru.

Walaupun anggaran kecil namun pemerintahan OD-SK tetap komit dengan program mensejahterakan rakyat, sebagaimana visi mereka: Terwujudnya Sulawesi Utara Berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam pemerintahan dan politik, serta berkepribadian dalam budaya, serta salah satu misi mewujudkan pemerataan kesejahteraan masyarakat yang tinggi maju dan mandiri.

“Terkait dengan penghematan dan pemangkasan anggaran, ini momentum meraih WTP. Kelola belanja dengan teliti, jangan menumpuk di akhir tahun supaya WTP mulus,” ujar Wagub Kandouw sembari berharap pula para atlet Pelatda Sulut yang ikut dalam apel kali ini, yang nantinya akan terjun di PON Jawa Barat nanti kiranya dapat memberikan hasil maksimal bagi nama baik Daerah Nyiur Melambai.

Sebab, dengan anggaran tiga kali lipat dari anggaran PON lalu, serta persiapan waktu yang lebih panjang kiranya kalian dapat menjawabnya dengan membawa pulang medali, pungkasnya.

Diketahui yang menjadi pemimpin apel Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Sulut Drs Benny Kalonta MSi yang didahului laporan Kadis Koperasi dan UMKM Ir Rene Hosang selaku perwira upacara kepada Wagub Steven Kandouw.(alfa)