Selasa, 22 Oktober 2019

Wabup dan Ketua TP-PKK Minsel Hadiri Syukuran HUT Desa Pinaling ke- 125

franky wongkarmanadoterkini.com, AMURANG-Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Frangky Donny Wongkar SH bersama Ketua TP- PKK Minsel Ibu Elsje Wenda Sumual pada Selasa (6/9) siang tadi mengahadiri acara syukuran perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Pinaling Kecamatan Amurang Timur ke 125 tahun.

Wabup Minsel pada kesempatan tersebut membacakan sambutan dari Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE ini, mengucapkan selamat HUT ke- 125 untuk Desa Pinaling.

“Saya harap agar kiranya di usia ini, akan semakin memacu semangat berkarya segenap jajaran pemerintah Desa dalam menjadi komponen pembangunan di daerah Kabupaten Minsel, karena dalam Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa telah di jelaskan bahwa setiap desa di berikan keleluasaan dalam mengatur kewenangannya sendiri,” kata Bupati melalui sambutan yang dibacakan Wabup Frangky Donny Wongkar SH.

Bupati juga menghedaki pembangunan desa di harapkan akan dapat lebih partisipatif dan akomodatif dalam pencapaian kemandirian serta kesejahteraan masyarakat, agar kedepan bisa menjadi desa mandiri.

“Yaitu desa yang telah dapat berdiri sendiri tanpa tergantung dari pihak lain. Dan untuk mencapai itu semua masyarakat desa harus memilki kesatuan langkah dan keteguhan komitmen dari segenap komponen serta seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Wongkar juga berpesan untuk mesyarakat desa agar tidak hanya memaknai momentum ini, dengan sebatas seremonial semata saja atau rutinitas tahunan tanpa makna.

“Akan tetapi harus di sertai dengan upaya penyatuan langkah dan pemantapan komitmen sehingga kedepan mampu bisa konsisten dengan tekad serta solidaritas dalam melanjutkan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dalam desa yg singkron dengan program dari Pemda,” kata Wongkar.

Dia juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat desa di kecamatan Amurang Timur pada umumnya dan desa Pinaling khususnya, agar senantiasa menjalin kemitraan bersinergis dengan pemerintah desa maupun antar sesama masyarakat. “Karena dinamika kehidupan masyarakat yang harmonis rukun dan damai akan menjadi kontribusi positif dalam menjadikan desa semakin baik, semakin maju dan semakin berkembang,” tandasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Camat Amurang Timur Alfriets Polii, Kepala KPKP Minsel Meyti Adi Tumbuan, Kabag Kesra Minsel Sofie Sumampow, Hukum Tua (Kumtua) Desa Pinaling, tokoh Agama, tokoh masyarakat desa setempat dan para undangan lainnya.(dav)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*