Selasa, 22 Oktober 2019

OD-SK Pimpin Kontingen Sulut di PON XIX Bandung

presiden rimanadoterkini.com, SULUT - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey bersama Wagub Steven Kandouw pada tahun ini, memimpin langsung kontingen Sulut diajang PON XIX sekaligus menghadiri upacara pembukaan. Kegiatan yang dilangsungkan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (BLA) Bandung, Jawa Barat, dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Ir Joko Widodo, ditandai dengan menekan tombol serine dan diakhiri penyulutan Api PON oleh 7 atlet legenda Nasioanal.

olly dondokambeyAcara tersebut juga melibatkan ribuan penari dengan tema Guilaps yakni Gunung, Rimba, Lautan, Pantai dan Sungai. Selain itu kegiatan dimeriakan juga 19 atlet legendaris Indonesia termasuk 4 atlet yang baru baru meraih medali di Olimpiade Rio de Janeiro antara lain, Tantowi Ahmad, Liliyana Natsir (Pasangan Ganda Campuran Bulu Tangkis peraih medali Emas), Sri Wahyuni atlet angkat besi dan Eko Yuh Irawan.

Presiden Jokowi di awal sambutannya mengucapkan selamat bertanding, berkompetisi, semoga berjaya di Tanah Legenda.

“Buatlah bangga daerah kalian dan memberi semangat bertanding secara sportif kepada seluruh Kontingen, ” ungkap Kepala Negara.

Selanjutnya Presiden meminta agar masyarakat Indonesia menggalakkan Olahraga sebagai kegiatan rutin sehari-hari juga mengharapkan Iven Olahraga 4 Tahunan ini jadi moment dalam menggelorakan masyarakat dari pedalaman hingga ke perkotaan di seluruh Indonesia.

Upacara Pembukaan yang dihadiri sekitar 27 ribu tamu dan undangan serta warga Masyarakat Jabar, dibandrol dengan anggaran 90 Miliar. Sementara cabang olaraga yang diperlombakan 44, 13 Cabang Olahraga Eksebisi, 756 Nomor pertandingan, melibatkan 9.533 atlit yang akan memperebutkan 2.492 medali, yang ajangnya tersebar di 62 Venue di 16 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat.

Kontingen Sulawesi Utara pada prosesi Defile, di pimpin Wagub Steven Kandouw dan didampingi Forkopimda Sulut, serta atlit dan Official, dengan nomor urut 30 dari 34 Provinsi se Indonesia. Pada prosesi itu kontingen Sulut tak lupa memberikan salam penghormatan, saat didepan Tribun utama Stadion. Berada di Tribun Utama bersama Presiden Jokowi, Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, Menpora, Para Menteri lainnya, serta seluruh Gubernur se-Indonesia dan ketua dan pengurus KONI Pusat dan tamu VVIP lainnya.(alfa)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*