Sabtu, 7 Desember 2019

PD Klabat Resmi Tangani Kebersihan Di Minut

minut

Dirut Kebersihan PD Klabat dan Jajaran, kenek/pengangkut sampah. (Foto:ist)

manadoterkini.com, AIRMADIDI-Ditandai dengan penyerahan enam unit armada sampah, terdiri 5 dumptruck dan 1 truk arm-roll, beserta 50 tenaga pendukung, yang terdiri dari 20 penyapu jalan, enam sopir, ditambah 24 kenek/pengangkat sampah, kini tanggungjawab kebersihan di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), resmi ditangani perusahaan Daerah (PD) Klabat.

“Penanganan kebersihan sekarang sudah menjadi tanggungjawab PD Klabat. Pelimpahan wewenang dari Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) ke PD Klabat sudah dilakukan pada hari Jumat pekan lalu, yang dihadiri Dirut PD Klabat Estrella Tacoh SE dan Kepala BPLH Tieneke Rarung SH serta disaksikan Asisten II Marthino Dengah SH,” ungkap Direktur Kebersihan PD Klabat Nico Sumakud, Senin (19/9/2016) kemarin.

Lanjutnya, pelimpahan wewenang tersebut, atas peran dari Dirut PD Klabat Estrella Tacoh SE, yang ingin penanganan sampah di Minut lebih baik. Dan mengenai armada sampah dan kendaraan sampah, sifatnya masih pinjam pakai, serta untuk bahan bakarnya masih ditanggulangi oleh BPLH sepanjang tahun.

“PD Klabat juga diserahkan tanggung jawab untuk menarik retribusi kebersihan. Namun, kita belum menetapkan target penerimaan lewat retribusi, karena tanggungjawab penanganan baru dilimpahkan. Dan juga untuk penarikan retribusi kebersihan di kompleks perumahan dan perusahaan-perusahaan masih akan dilakukan penjajakan dan penghitungan kembali,” terang Sumakud mewakili Dirut PD Klabat.(Pow)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*