Sabtu, 14 Desember 2019

Menteri Puan Harapkan Insan Perfilman Indonesia Berikan Nilai Positif Bagi Masyarakat

puan maharani

Foto Menko PMK Puan Maharani saat malam nominasi Apresiasi Film Indonesia (AFI) di GKIC Novotel Manado

manadoterkini.com, SULUT - Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, minta insan perfilman Indonesia untuk senantiasa memperhatikan makna dan pesan yang ingin ditampilkan dalam setiap filmnya.

“Dalam setiap pembuatan film Indonesia insan perfilman Indonesia tidak hanya memperhatikan aspek komersilnya saja, namun juga keinginan untuk menyebarkan nilai-nilai positif, nilai-nilai yang memberikan motivasi kepada masyarakat, memberikan inspirasi untuk kemajuan dan memperkuat karakter kebangsaan Indonesia,” ungkap putri Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri.

Menurut Puan film tidak hanya menghibur, namun juga menjadi sarana edukasi bagi masyarakat untuk menyampaikan nilai-nilai positif yang bermanfaat bagi kehidupan bangsa.

“Bisa dalam bentuk pengetahuan ilmiah, semangat nasionalisme, perilaku positif, mimpi untuk kehidupan yang lebih baik dan sebagainya. Film dapat menghipnotis para penontonnya, dimana mereka akan menerima perilaku para pemain yang dianggap sebagai hero. Bahkan melalui perfilman propaganda untuk kepentingan tertentu juga dapat dilakukan,” ujarnya.

Masyarakat kita telah mengalami lompatan budaya dari budaya lisan menjadi tulisan dan berkembang menjadi budaya tontonan, dan tidak heran film memiliki pengaruh besar bagi masyarakat kita saat ini.

“Semoga apresiasi dapat diberikan pada film-film yang mampu membawa pesan nilai budaya, kearifan bangsa dan pembangunan karakter bangsa,” tandas Puan sembari mengatakan Indonesia kaya akan kebudayaan, kearifan bangsa dan keindahan pesona negeri. Karena itu, Insan perfilman juga dapat memperkuat kekayaan budaya dan pesona negeri yang ada di Indonesia.(alfa)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*