Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

Wagub Kandouw Hadiri Rakornas Forum Kerukunan Umat Beragama di Jakarta

×

Wagub Kandouw Hadiri Rakornas Forum Kerukunan Umat Beragama di Jakarta

Sebarkan artikel ini
Kandouw
Rakernas FKUB

manadoterkini.com, SULUT – Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Drs Steven Kandouw, Kamis (06/10/2016) menghadiri rapat koordinasi nasional (Rakernas) Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia, yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri, di Kantor Kemendagri, Jakarta.

Rakornas yang bertajuk “Peningkatan Peran dan Fungsi FKUB dalam Rangka Menjaga Harmoni Kebangsaan dalam Bingkai NKRI “, dihadiri juga pejabat eselon II Sulut yakni Kaban Kesbang pol Sulut Edwin Silangen, SE MSi.
Mendagri Tjahjo Kumolo dalam arahan pada Rakernas menyatakan bahwa isu dan permasalahan utama Bangsa Indonesia diantaranya : Kesenjangan, Korupsi, Terorisme, Narkoba.

“Selain itu permasalahan yang terkait dengan Pendirian Rumah Ibadat, munculnya gangguan keamanan, Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat, sebagai akibat konflik sosial bernuansa agama yang melibatkan kelompok masyarakat, aliran keagamaan, aliran kepercayaan dan Ormas Keagamaan, ” ungkap Kumolo yang turut didampingi Dirjen Politik dan PUM Kemendagri.

KandouwSementara itu Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saiffudin,  dalam materi  Peningkatan Wawasan Multikultural untuk Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, secara lugas mengurai tentang Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Agama (PBM) No 9 dan 8 Tahun 2006 pasal 11 ayat 2 dimana Peran dan Fungsi Wakil Gubernur yakni  diantaranya Membantu Kepala Daerah dalam merumuskan kebijakan pemulihan Kerukunan Umat Beragama serta Memfasilitasi hubungan kerja FKUB dengan Pemda dan hubungan antar sesama instansi pemerintah di daerah dalam pemulihan kerukunan Umat Beragama.

Disamping itu sebagai Bangsa yang religius, nilai agama sebagai perekat yang merajut dan merangkai kemajemukan bangsa Indonesia.

Ketua Komisi VIII DPR RI, yang salah satunya membidangi soal Keagamaan, Ali Taher yang turut memberikan materi pada Rakernas tersebut, secara gamblang menguraikan bahwa Anggaran APBN untuk keberadaan FKUB telah diproyeksikan sejumlah 111 Miliard.

Pada Rakernas ini turut dibekali materi dari Menko Polhukam RI, Kapolri serta Wagub Provinsi Kalimantan Tengah, Ketua FKUB Jawa Barat, dan Wagub DKI Djarot Saiful Hidayat.(alfa)