Selasa, 10 Desember 2019

Target Adipura, VAP-Jo Seriusi Pedoman Program Adipura

Lengkongmanadoterkini.com, AIRMADIDI – Penghargaan tertinggi untuk bidang kebersihan yakni Adipura, menjadi target dari pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut), dibawah kendali Bupati Vonnie Anneke Panambunan (VAP) dan Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong (Jo). Ini dibuktikan dengan keseriusan mengikuti berbagai agenda terkait, salah satunya Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ‘Rebranding Program Adipura Menuju Kota Berkelanjutan’.

“Ibu Bupati Vonnie Panambunan sangat berkeyakinan Minut harus dapat Adipura, untuk itu kita harus mempersiapkan daerah kita dari awal. Saya mengharapkan semua lapisan masyarakat turut ambil bagian, karena ini masalah kebersihan, dan target kita Minut harus raih Adipura,” ujar Wabup Lengkong, yang mewakili Bupati VAP, mengikuti Rakornas di Jakarta, Senin (17/10/2016).

Lebih lanjut, Wabup Lengkong mengungkapkan, sesuai penyampaian Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sudirman, tujuan dari kegiatan Rakornas ini adalah untuk menyebarluaskan informasi pelaksanaan Rebranding Adipura sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor: P.53/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2016 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adipura.

“Selain itu, mendorong penerapan amanah UU No 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, termasuk didalamnya pemenuhan kewajiban pemerintah kabupaten/kota terkait penyediaan dan pengoperasian TPA dengan metode minimal lahan urug terkontrol (controlled landfill). Membangun komunikasi dengan pemangku kepentingan di Pusat dan Daerah dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan. Mendorong pemenuhan target nasional pengurangan sampah 30% dan penanganan sampah sebesar 70% pada tahun 2019 dalam rangka mewujudkan Indonesia Bersih Sampah 2020. Mendorong penerapan system pengelolaan sampah secara terpadu disetiap kabupaten/kota, serta mendorong Pemerintah Kabupaten/Kota untuk melakukan inovasi-inovasi dalam menemukan solusi dari berbagai permasalahan lingkungan hidup perkotaan yang melibatkan peran aktif masyarakat,” urai Wabup Lengkong, didampingi Kepala BLH Tineke Rarung dan Staf Ahli Selfran Wungouw SE.(Pow)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*