Sabtu, 7 Desember 2019

Dana Penyertaan Modal Untuk PDAM Manado, GSVL: Pusat Kucur Rp101,8 Milyar

Walikota Manado

Walikota Manado GS Vicky Lumentut, saat pembahasan Ranperda Penyertaan Modal untuk PDAM Manado.(ist)

manadoterkini.com, MANADO – Sepak terjang Walikota GS Vicky Lumentut, untuk menuntaskan hutang warisan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Manado, sunggu luar biasa. Tidak banyak orang yang mengetahui Walikota GSVL, berhasil menuntaskan masalah pelik yang dialami 4 Walikota sebelumnya.

Dijelaskan Walikota GSVL, dalam draf Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) tahun 2016 ini menganggarkan dana hibah negara sebesar Rp4,6 Trilyun dan telah ditetapkan melalui Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2016. Untuk itu, Peraturan Daerah (Perda) tentang penyertaan modal bagi PDAM Manado sangat penting.

“Dana 4,6 Triliun rupiah itu antara lain untuk penyelesaian piutang negara yang meliputi penyertaan modal termasuk dana penyertaan modal untuk 107 PDAM di seluruh Indonesia sebesar 3,9 Triliun rupiah,”jelas Walikota GSVL.

Lanjut dikatakan, untuk bantuan dana penyertaan modal bagi PDAM Manado, pemerintah pusat akan memberikan dana hibah sebesar Rp101,8 Milyar. Sehingga, Ranperda tentang penyertaan modal bagi PDAM harus segera ditetapkan.

Seperti diketahui pinjaman PT Air/PDAM Manado, awalnya hanya berjumlah Rp15 Milyar, kemudian karena tidak dapat diselesaikan hampir 20 tahun, pada tahun 2015 membengkak menjadi sekitar Rp 100 Milyar.

Ketika menghadiri Rakor Penyelesaian Tindak Lanjut Rekomendasi Temuan BPK RI pada 16 Februari 2015 di Gorontalo, masalah hutang PT Air /PDAM Manado dikonsultasikan beliau dalam sesi tanya jawab bersama Ketua BPK RI Dr. Harry Azhar Asis. Alhasil, Ketua BPK RI memberikan jalan keluar.

Dalam rentang waktu 1 tahun 8 bulan 11 hari, Walikota berhasil menempatkan Kota Manado sebagai penerima bantuan Dana Penyertaan Modal sebesar Rp 101,8 Milyar dari total Rp 4,6 Trilyun dana APBN Perubahan untuk Penyelesaian Piutang Negara.

Dimana Rp 3,9 Trilyun diantaranya dialokasikan untuk Penyelesaian Piutang 107 PDAM. 106 PDAM di seluruh Indonesia pun turut merasakan upaya dan loby Walikota Manado.

Warga, terutama pelanggan, kini berharap banyak dengan hasil terobosan GSVL tersebut, sehingga pelayanan air bersih PT Air/PDAM Manado akan semakin lebih baik kedepan.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*