Sabtu, 7 Desember 2019

Proyek Perubahan ASN Pemkot Wujudkan Manado Cerdas

GSVL : Semoga Proyek Perubahan Tidak Sebatas Tulisan, Tapi Harus Bisa Diimplementasikan

manadoSETELAH dilaksanakan selama tiga bulan akhirnya Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) kepemimpinan (Pim) tingkat IV Pola Kemitraan Badan Diklat Propinsi Sulut dan Pemerintah Kota Manado ditutup secara resmi oleh Walikota Manado DR Ir G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA, di ruang serbaguna Kantor Walikota Manado, Senin (31/10) pagi tadi.

manadoDalam arahannya, Walikota GSVL berharap proyek perubahan yang digagas para peserta Diklat Pim IV tidak sebatas tulisan belaka tetapi harus bisa di implementasikan dalan tugas pokok dan fungsi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurutnya, untuk membuktikan apakah proyek perubahan berjalan sesuai yang diharapkan, pihaknya akan melakukan monitor dan evaluasi.

manado“Saudara-saudara boleh berbangga dengan apa yang saudara tuangkan dan presentasikan dalam proyek perubahan, tetapi proyek perubahan itu tidak hanya sebatas tulisan saja saat dinilai oleh penguji, tetapi sesudah itu apa yang saudara lakukan, akan dimonitor dan evaluasi,”hara Walikota GSVL.

Lanjutnya, selesai Diklat para peserta boleh berbangga dengan proyek perubahan, namun sikap dan perilaku ASN akan dihormati jika mampu menunjukan kinerja dalam lingkungan kerjanya. “Saudara-saudara boleh bangga dengan proyek perubahan yang saudara buat. Tetapi, saudara akan dihormati jika menunjukan kinerja atau hasil dari sesuatu yang dlandasi oleh perubahan,” tandas Walikota GSVL.

Kiranya para peserta yang dinyatakan berhasil dalam Diklat Pim IV harus mampu berkompetisi dengan ASN dari kabupaten/kota lainnya di Sulawesi Utara. “Jangan kalah dangan ASN dari kabupaten/kota yang lain di Sulut, semua punya peluang untuk mengembangkan ide-ide bagus dan cerdas. Saya akan monitor dan secara reguler melakukan evaluasi. Jadilah pembawa perubahan dimanapun saudara pergi,”ujar Walikota GSVL.

manadoSebelumnya, Kepala Badan Diklat Propinsi Sulut DR Noudy Tendean mengatakan hadirnya 40 peserta Diklat Pim IV di Pemkot Manado akan membawa 40 proyek perubahan diinstansi masing-masing. “Para peserta akan menjadi pemimpin perubahan, ada 40 proyek perubahan atau 40 karya inovatif dan kreatif akan menentukan pula kualitas proyek perubahan,”ujarnya.

Dikatakan Tendean, penilaian terhadap peserta Diklat meliputi laporan hasil seminar dalam bentuk pameran, serta sikap dan perilaku selama Diklat. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala BKD Kota Manado, Drs Musa Hans Tinangon MSc dan sejumlah mentor Kepala SKPD masing-masing peserta Diklat PIM IV.(***)

 

PAMERAN EXPO PERDANA DIKLAT PIM IV HENTAK GEDUNG SPARTA TIKALA

Walikota GSVL Puji dan Ingatkan Komitmen Kerja Abdi Negara

manadoPAMERAN Proyek Perubahan perdana dari peserta Pendidikan dan Pelatihan kepemimpinan (Diklat Pim) tingkat IV Pemerintah Kota Manado pola kemitraan dengan Badan Diklat Probinsi Sulawesi Utara (Sulut) tahun 2016 dilaksanakan di ruang Serbaguna Gedung Sparta Tikala julukan kantor Walikota Manado, Rabu (19/10) pagi hingga sore.

Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dalam sambutan yang dibacakan Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Manado Drs Musa Hans Tinangon MSc, mengaku bangga dan memuji terobosan yang dilakukan para peserta Diklat PIM IV kali ini. Namun tetap harus memperhatikan Komitmen kerja dari para abdi negara atau PNS, sehingga usai mengikuti Diklat ada perubahan pola kerja dan inovasi yang dilakukan para pegawai itu sendiri. Dijelaskan GSVL, seminar dan pameran expo ini merupakan sebuah tahapan penting bagi para peserta Diklat Pim IV. Hal ini untuk mengukur sejauh mana upaya serius para peserta dalam menemukan dan mengolah terobosan baru sehingga dapat berkontribusi positif pada peningkatan pelayanan publik dan good governance Pemerintah Kota (Pemkot) Manado.

manado“Saya memberikan apresiasi tinggi kepada para peserta, yang sudah bekerja keras dalam rangka mewujudkan kegiatan ini. Pahamilah bahwa progress comes with process, kemajuan adalah hasil dari proses dan proses itu hanya bisa berhasil apabila dilakukan dengan komitmen tinggi, kerja keras dan hikmat kebijaksanaan,” ujar Walikota GSVL.

Dikatakan Walikota GSVL, setelah mengikuti Diklat Pim IV ada jenjang yang lebih tinggi dengan tantangan yang lebih berat yakni Diklat Pim III. “Keberhasilan saudara-saudara menjalani Diklat Pim IV ini merupakan modal untuk menghadapi tantangan yang lebih besar itu. Saya percaya saudara-saudara dapat mengemban tugas yang lebih besar itu,” tukas Walikota.

manadoDalam kesempatan itu, atas nama Pemkot Manado, Walikota GSVL menyampaikan terima kasih kepada BKD Propinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang telah memfasilitasi terlaksananya kegiatan Pameran Expo peserta Diklat Pim IV. Kegiatan yang dilaksanakan sehari itu yang merupakan implementasi proyek perubahan 40 peserta selama mengikuti Diklat. “Semua peserta saya nilai baik, hanya ada beberapa saja yang harus memperbaiki kekurangan kedepan,” tandas Kepala BKD Manado Drs MH Tinangon MSc.

Menariknya, dalam expo tersebut, para peserta dan pengunjung ruang pameran dikejutkan dengan aksi teatrikal tawuran di salah satu stand peserta Diklat Pim IV.(***)

 

JADI MENTOR DIKLAT PIM II DI SURABAYA

Walikota GSVL Harap Proyek Perubahan Peter Assa Bisa Diimplementasikan untuk Pemkot Manado

manadoSELAKU salah satu mentor dalam Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Kepemimpinan tingkat II (Pim II) di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA memberikan dukungan penuh kepada Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Manado Peter KB Assa salah satu peserta.

Jauh-jauh datang dari Manado ke Surabaya, Walikota GSVL mendatangi Badan Diklat Propinsi Jatim, Jumat (7/10) siang tadi.

manadoDalam kesempatan itu, Walikota GSVL menyatakan salut atas presentasi dalam proyek perubahan yang disampaikan Peter Assa dengan mengangkat judul perencanaan pembangunan tahunan daerah secara elektronik (e-DEVPLAN).

“Saya datang ke Surabaya ini sebagai mentor untuk Kepala Bappeda kita Pak Batje Assa yang menjadi salah satu peserta Diklat Pim II. Saya apresiasi terhadap apa yang dinamakan proyek perubahan yang dipresentasikan Pak Bartje tadi,” tukas Walikota GSVL.

Orang nomor satu di Manado itu berharap apa yang dipresentasikan terkait penerapan e-DEVPLAN, bisa diimplementasikan di Pemerintah Kota (Pemkot) Manado sesuai tugas pokok (tupoksi) Bappeda.

manado“Saya berharap apa yang dipresentasikan Pak Bartje bisa diimplementasikan untuk kemajuan Kota Manado kedepan,” tandas Walikota GSVL. Presentasi yang dilakukan Peter KB Assa menuai pujian sekaligus memberi motivasi dari widyaswara Badan Diklat Propinsi Jatim Drs Chusaini Mustas MPd (coach) dan penguji Dra Purwastuti MBA dari Lembaga Aparatur Negara (LAN) Jakarta.(***)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*