Minggu, 8 Desember 2019

RESMIKAN BANDARA MIANGAS, JOKOWI: MIANGAS PINTU GERBANG DALAM DAN LUAR NEGERI

miangas

Presiden RI Joko Widodo (tengah), Gubernur Sulut Olly Dondokambey (kiri), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kanan). Ketiganya bersamaan menekan tombol sirene sebagai tanda Bandara Miangas diresmikan dan siap beroperasi

SEJARAH BARU, Presiden RI yang pertama kali menginjakan kaki di bandara Miangas yakni Joko Widodo. Ia menyebut Miangas bukan lagi pulau kecil tapi sebagai pintu gerbang dalam dan luar negeri. Dikarenakan pulau ini berbatasan langsung dengan negara tetangga Philipina.

miangas

Presiden Joko Widodo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi didampingi Bupati Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip ketika berada didepan kantor Bandara Miangas

“Bandar udara Miangas bukan hanya sekedar bandara penunjang namun akan menjadi bandara terdepan NKRI di bagian utara sekaligus pintu gerbang distribusi pangan dan sandang guna membuka akses perekonomian dan pariwisata di wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud khususnya pulau miangas,”ungkap Presiden saat meresmikan Bandara Miangas di Kabupaten Kepulauan Talaud Sulawesi Utara (Sulut) dan peresmian terminal penumpang Tanjung api-api tojo Una-Una dan Kasiguncu Poso di Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu (18/10).

mianagas

Penandatanganan oleh Presiden Joko Widodo (tengah) saat peresmian Bandara Miangas didamping Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) dan Gubernur Sulut Olly Dondokambey (kanan)

Presiden Jokowi menjelaskan konsep Nawacita yaitu membangun dari pinggiran, dimaksudkan agar pulau menjadi beranda terdepan Indonesia. Bukan hanya sekedar halaman belakang. Karena itu pulau-pulau terdepan seperti Miangas betul-betul diperhatikan pemerintah dan terus akan dibangun.

miangas

Presiden RI Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo bersama Bupati/Wali Kota dan Kepala SKPD

“Kita membangun diseluruh wilayah Indonesia, tidak hanya di Wilayah Jawa dan Sumatera saja, tapi kita bangun Indonesia dari depan pinggiran, dari perbatasan dan pulau terluar,”ujar Presiden Jokowi.

miangas

Para murid Sekolah Dasar (SD) di Miangas menyambut hangat kedatangan Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Joko Widodo sambil berjabat tangan

Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE menyampaikan ucapan selamat datang kepada Bapak Presiden RI Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantio, di Bumi Nyiur Melambai di tanah Porodisa pulau Miangas.

miangas

Presiden RI Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan rombongan kepresidenan saat tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado di sambut Gubernur Sulut Olly Dondokambey bersama Ibu Rita Dondokambey Tamuntuan, Wakil Gubernur Steven Kandouw bersama Ibu Kartika Devi Kandouw Tanos, pada Selasa (18/10)

Dari 800 penduduk Miangas 90 persen memilih Bapak jadi Presiden sedangkan 10 persen pergi kelaut mencari ikan. Mudah-mudahan kunjungan bersejarah ini membawah berkat bagi rakyat demi kesejahteraan rakyat di bumi Porodisa,”jelas Dondokambey.

miangas

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Ibu Iriana Joko Widodo menikmati suasana keindahan pantai Miangas

Sementara Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melaporkan, panjang runway bandara miangas 1400 m x 30 m, apron 130 m x 65 m, taxiway 100 m x 18 m, strip 1.492 m x 150 m tanah dan bisa didarati pesawat jenis ATR, serta mulai minggu depan pesawat Wings Air mulai beroperasi di Miangas.

miangas

Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat sambutan dihadapan Presiden Joko Widodo dan tamu penting lainnya

Bandara tanjung api-api tojo Una-una panjang runway 2110 m x 30 m, apron 200 m x 82 m, taxiway 187,5 m x 23 m, strip 2.30 m x 150 m rumput. Bandar kasiguncu Poso panjang runway 1850 m x 30 m, apron 86 m x 60 m, taxiway 73 m x 18 m, strip 1947 m x 60 m rumput.

Menhub menambahkan pembangunan bandara Miangas menelan anggaran 320 M.

miangas

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo bersama seluruh kepala SKPD Pemprov Sulut dan para insan pers di Bandara Miangas

Usai persemian Presiden bersama Ibu Negara, didamping Gubernur. Panglima TNI, Menhub dan Bupati Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip melakukan blusukan di permukiman penduduk dan pelabuhan Miangas.

miangas

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo setibanya di Miangas disambut secara adat Talaud oleh para petua

 

Diketahui kunjungan Presiden Jokowi dn Ibu Negara Iriana Joko Widodo di pulau miangas menggunakan pesawat TNI AURI jenis Foker dengan nomor A-2908, disambut secara adat Talaud.

 

manado

Moment spesial dari kunjungan Presiden Joko Widodo, di Sulut. Beli sepatu spesial promo di Mantos dan cuci muka di Miangas

Dua hal yang menjadi pembicaraan hangat dari kunjungan Presiden Jokowi di Sulawesi Utara kali ini. Pertama, blusukan ke Manado Touwn Square (Mantos) sekaligus membeli sepatu special promo produk dalam negeri dan Kedua, saat kunjungan ke Miangas Presiden Jokowi membasu muka dengan di tepi pantai Pulau terluar Indonesia.

(ADVETORIAL PEMPROV SULUT)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*