Jum'at, 20 September 2019

Manado Koleksi Sekitar 21 Titik Pemukiman Kumu

Bart Assa

Kaban Bart Assa

manadoterkini.com, MANADO – Untuk menjadi kota yang berkelanjutan, tugas pemerintah kota Manado masih banyak, salah satunya penataan pemukiman kumuh yang jumlahnya tidak sedikit.

Kepada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Manado Peter Karl Bart Assa, ST., MSc., PhD. mengatakan, sedikitnya ada dua puluh lima titik pemukiman kumuh di Manado yang harus di tata sebaik mungkin untuk menjadi kota berkelanjutan.

“Ada 25 titik pemukiman kumuh di Manado saat ini. Untuk menjadi kota yang berkelanjutan, kita harus menata itu. Setidaknya ada tiga hal yang tidak terpisahkan, yaitu layak tinggal, kota hijau dan smart city,” ujar Bart Assa.

Lanjutnya, sasaran pembangunan untuk daerah tersebut adalah perbaikan pada beberapa infrastruktur jalan, saluran air dan pengadaan fasilitas umum.

“Kalau saluran air setidaknya selama lima tahun periode sebelumnya sudah ada, tinggal perbaikan kecil. Sekarang bagaimana membuat daerah kita jadi indah, misalnya ada taman kecil di setiap sudut jalan. Selain itu, kalau tidak punya jamban, di buat jamban biar lingkungan bisa lebih sehat. Target kita 2019 setidaknya lebih dari 50 persen sudah teratasi atau paling tidak akhir periode sudah kelihatan hasilnya,” tambahnya.(tim)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*