Sabtu, 24 Agustus 2019

Wagub Canangkan Hari Rabies Sedunia di Minsel

minsel, rabies, wagubmanadoterkini.com, AMURANG-Dalam rangka untuk menuntaskan rabies pada 2020, Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Drs Steven Kandouw pada Kamis (3/11) siang tadi menghadiri sekaligus membuka dan encanangkan Hari Rabies Sedinia yang dilaksanakan di Halaman Gedung Gereja GMIM Makedonia Desa Lopana Kecamatan Amurang Timur Kecamatan Amurang Timur.

Hari Rabies Sedunia, ada pesan utama yang disampaikan yaitu yang pertama menghindari gigitan anjing dengan mengandangkannya.

“Kedua, berikan pertolongan pertama apabila digigit hewan penderita rabies dan jetiga, periksakan kesehatan Anjing secara rutin ke dokter hewan,” ungkap Wagub Sulut Drs Steven Kandouw saat memberikan sambutannya.

Menurutnya, pengendalian rabies telah dilakukan oleh dua sektor, yaitu Peternakan untuk pengawasan pada hewan, dan Kesehatan untuk kasus gigitan pada manusia.

“Kedua sektor ini telah berkoordinasi dalam Tim Koordinasi Rabies,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu SE dalam sambutannya menambahkan, tujuan diselenggarakannya peringatan hari rabies sedunia untuk meningkatkan komitmen kepala daerah dalam melakukan pencegahan dan memutus rantai penularan rabies dari hewan ke manusia.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Minsel Frangky Donny Wongkar SH, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, sejumlah kepala SKPD yang ada di lingkup Pemprov Sulut, kepala-kepala SKPD yang ada dilingkup Pemkab Minsel, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat yang ada di Minsel.(dav)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*