Kamis, 22 Agustus 2019

Dukcapil Minsel Kebagian Rp 1,5 M Untuk Rehab Gedung dan Pengadaan Alat

manadoterkini.com, AMURANG-Sebanyak Rp 1,5 Miliar bantuan diberikan untuk pembangunan rehabilitasi gedung dan perbaikan alat untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel).

Kepala Disdukcapil Minsel Drs Corneles Mononimbar MM, mengatakan bantuan tersebut diberikan pemerintah pusat untuk peningkatan dan kelancaran pelayanan.

“Sekira Rp 1,5 Miliar khusus untuk rehabilitasi gedung Disdukcapil. Mengingat gedung yang ditempati saat ini, kapasitasnya tidak memadai atau sempit. Pengurusan administrasi kependudukan dalam hal ini KTP, Kartu Keluarga, akte kelahiran, akte kematian, akte cerai dan lain-lain, dilakukan pada satu ruangan yang tidak memadai,” ujar Mononimbar.

Masyarakat yang datang, lanjut Mononimbar, harus antre, bahkan menumpuk hingga beberapa hari. Demikian juga dengan loket pendaftaran dan pengurusan. Yang harusnya sudah dipisahkan, tapi karena ruangan sempit terpaksa disatukan.

“Pekan lalu, Ibu Bupati Christiany Paruntu SE sudah mengadakan inspeksi mendadak, pada sidak tersebut bupati langsung menginstruksikan kepada Kadis Keuangan memasukan anggaran untuk rehab dan pengadaan alat untuk Dukcapil. Alokasi anggaran dari Pemkab untuk menyiapkan gedung yang lebih luas dan nyaman ditempati,” tuturnya.

Mononimbar menambahkan, kemungkinan Disdukcapil akan memanfaatkan gedung yang saat ini dimanfaatkan oleh Dinas Keuangan. Sedangkan Dinas Keuangan akan berpindah di gedung baru.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*