Selasa, 12 November 2019

Wujudkan Smart City, Pemkot Manado – Telkom Teken MoU di Hari Pahlawan

Manado

Penandatanganan MoU oleh Walikota Manado dengan PT Telkom

manadoterkini.com, MANADO – Program Smart City menjadi tantangan kota-kota di Indonesia kedepan. Bukti komitmen Walikota GS Vicky Lumentut dan Wawali Mor Bastiaan, menjadikan Manado sebagai Kota Cerdas, diwujudkan dengan mengandeng PT Telkom dalam perluasan jaringan Informasi dan Teknologi (IT) sebagai pondasi dalam mengakses internet untuk kepentingan pelayanan publik.

Makanya, disela-sela upacara Hari Pahlawan, Walikota GSVL yang menjadi Irup bersama Telkom  Manado sah melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) untuk menunjang program Manado Smart City 2017 mendatang yang dimotori Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

Menurut Kadis Kominfo Manado, Hanny Waworuntu, setelah MoU bersama Pemkot, pihak Telkom langsung action melakukan perluasan jaringan.

“Selain mempeluas jaringan FO, Telkom juga akan melakukan penguatan jaringan khusus di internal Pemkot Manado,” jelas Waworuntu wartawan.

Ada beberapa titik di sejumlah sarana public akan dilakukan perluasan jaringan internet. Termasuk untuk kepentingan CCTV. “Untuk CCTV nantinya ada delapan titik tersebar di Kota Manado. Ini agar seluruh kegiatan public dapat diakses secara transparan,” ujar mantan Kadis Perhubungan Manado ini.

Pentingnya perluasan dan penguatan jaringan oleh Telkom, menurut Waworuntu menjaga ketika Smart City sudah resmi beroperasi jaringan yang akses masyarakat tidak mandek atau lalod.

Karena kedepan Pemkot Manado sudah memiliki beberapa aplikasi layanan public lewat IT. “Kami sudah bekerja sama dengan beberapa daerah. Dan sudah oke. Misalnya di Pemkot Bandung kami sudah bekerjasama terkait aplikasi layanan publiknya. DKI Jakarta aplikasi Qlue dan Pemkot Bandung aplikasi e-Government. Nantinya Pemkot Manado akan miliki aplikasi ini semua untuk mendukung program Pak Wali Kota dan Wakil untuk Manado Smart City,” pungkas Waworuntu.(ald)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*