Rabu, 13 November 2019

Aset PDAM di Minsel Tidak Terurus

manadomanadoterkini.com, AMURANG-Miris. Itulah kata yang cocok untuk menggambarkan kondisi aset Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Betapa tidak, aset milik negara yang dibangun dengan anggaran miliaran rupiah, kini terkesan tidak lagi diperhatikan.

Seperti aset PDAM yang terletak di Kelurahan Buyungon, Kecamatan Amurang. Kondisinya sangat memprihatinkan. Bak dan tong penampung sudah berkarat. Di sekitarnya pun telah ditumbuhi rumput liar. Nyaris seperti bangunan di tengah hutan.

Tidak hanya itu, bangunan kantor PDAM pun mulai rusak. Atapnya mulai bocor, kaca jendela pecah, dan catnya sudah terkelupas. Di dalamnya terdapat banyak kotoran hewan.

“Memang kalau kita lihat bangunannya sudah tidak terurus lagi,” kata Hezky dan Hardi saat menyaksikan kondisi bak penampung dan kantor PDAM Minsel itu.

Sementara itu, Direktur PDAM Minsel John Sorongan SE kepada sejumlah wartawan mengatakan, hal itu terjadi karena mereka terkendala anggaran.

“Kami terkendala anggaran. Kalau anggarannya cukup, pasti pelayanan kepada masyarakat akan meningkat,” katanya.

Soal pendapatan PDAM kata dia, tidak mampu untuk menutupi semua kebutuhan operasional. Sebab katanya, tagihan rekening penggunaan air bersih sangat kecil.

“Inilah susahnya jika perusahaan ini milik pemerintah. Itu yang selalu menjadi alasan masyarakat untuk tidak membayar kewajibannya,” ungkapnya.(dav)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*