Rabu, 13 November 2019

Forum Mapalus Kamtibmas Minut Diskusi Peran Masyarakat Jaga Keamanan Dan Kebersamaan

minutmanadoterkini.com, AIRMADIDI-Terwujudnya ketentraman di masyarakat tak lepas dari terjaminnya keamanan dan ketertiban. Hal ini menjadi bagian dari diskusi Forum Mapalus Kamtibmas Minahasa Utara (Minut), terkait peran masyarakat menjaga keamanan dan memelihara rasa kebersamaan, yang digelar Jumat (25/11/2016) di Atrium Kantor Bupati Minut.

Bupati Minut Vonnie Aneke Panambunan (VAP) yang membuka Forum Mapalus Kamtibmas tersebut mengatakan salah satu prasyarat terselenggaranya proses pembangunan dalam rangka tercapainya tujuan nasional, yakni terciptanya keamanan dan ketertiban di masyarakat, dalam kondisi dinamis dan kondusif.

“Terjaminnya keamanan, ketertiban dan tegaknya hukum serta terbinanya ketenteraman, butuh peran serta masyarakat. Bagaimana kemampuan membina serta mengembangkan potensi dan kekuatan masyarakat dalam menangkal, mencegah, dan menanggulangi segala bentuk pelanggaran hukum dan bentuk-bentuk gangguan lainnya yang dapat meresahkan masyarakat sendiri,” Kata Bupati VAP, ketika membuka Forum Mapalus Kamtibmas, yang digelar Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), yang melibatkan unsur TNI/Polri.

Sementara itu, Komandan Kodim 1310 Bitung Letkol Inf Deden Hendayanan SE dan Kapolres Minut Eko Irianto SIK, yang menjadi pembicara dalam kegiatan ini mengatakan, Peran serta aktif masyarakat sangat diperlukan untuk menertibkan situasi keamanan di masyarakat, peran aktif Mapalus Kamtibmas yang ada ditengah-tengah masyarakat menjadi penting dalam menunjang keamanan didaerah masing-masing tentunya juga dengan peran serta seluruh masyarakat.

“Mewaspadai serta mengantisipasi isu-isu mengenai Suku, Agama, Ras dan Antar golongan (SARA) yang bisa memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), mari kita jaga semangat kerukunan kebersamaan dan turut serta menjaga keamanan dan kedamaian daerah Minahasa Utara, kita jaga Negara keutuhan NKRI, dengan menolak segala bentuk radikalisme, anarkisme,” ajak Hendayanan dan Irianto.

Hadir sebagai peserta, para Camat, Lurah dan Hukum Tua se-Minut, TNI/Polri, dan Sat Pol PP.(Pow)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*