Kamis, 22 Agustus 2019

2017, Minsel Bakal Miliki Pasar Modern

manadoterkini.com, AMURANG-Pemerintah Pusat sudah merestui untuk mengucurkan dana pembangunan pasar segar atau modern di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Rencananya pembangunan pasar yang merupakan hasil lobi Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE akan dibangun pada 2017 mendatang.  Konsekwensinya pemerintah kabupaten harus menyiapkan lahan.

Tokoh masyarakat Minsel Karel Lakoy mengungkapkan informasi tersebut sudah diketahui bahkan menurut Lakoy, proposal pembangunan Pasar tersebut sudah ada persetujuan dari pemerintah pusat.

“Sebagai warga Amurang kami salut kepada bupati yang berupaya melakukan lobi untuk pembangunan pasar segar yang sudah mendapat persetujuan pemerintah pusat,” ujarnya.

Sekarang menjadi tanggung jawab eksekutif dan legislatif memikirkan anggaran pembebasan lahan pasar tersebut. Karena pemerintah pusat hanya menyiapkan anggaran untuk pembangunan pasar, sedangkan ganti rugi lahan harus disiapkan pemerintah daerah.

Lakoy yang juga mantan anggota DPRD Minsel mendesak agar dalam pembahasan APBD 2017 anggaran pembebasan lahan pasar moderen dan pasar tradisional diprioritaskan.  “Ini harus menjadi prioritas, dan wajib dimasukan untuk direalisasikan tahun depan,” ujarnya.

Jangan sampai anggaran pusat yang sudah pasti dikucurkan ke Minsel tersendat lantaran tidak siprioritaskan oleh DPRD dan pihak ekselutif.
Sementara itu Kadis Perindakop Semuel Setho Slaat ST MSi yang dikonfirmasi manadoterkni.com belum bisa berkomentar lebih karena RAPBD 2017 masih sementara dalam pembahasan. “Ini masih sementara pembahasan jadi saya belum bisa berikan komentar,” ujar singkat.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*