Jum'at, 22 November 2019

PORTDASAP Minut Sukses Gelar Roda Sapi Pacu

roda sapi

Persatuan Olahraga Roda Sapi Pacu

manadoterkini.com, AIRMADIDI-Persatuan Olahraga Tradisional Roda Sapi Pacu (PORTDASAP) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) yang di Ketuai Berty Kapoyos SSos, sukses menggelar Lomba Roda Sapi Pacu di arena pacuan roda sapi Mega Kaput Kolongan Kecamatan Kalawat, yang telah ditutup pada Sabtu (26/11/2016) akhir pekan lalu.

“Dangka rangka menunjang program Gubernur Olly Dondokambey SE, dalam meningkatkan pesona pariwisata yang ada di Sulawesi Utara, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara dibawah kepemimpinan Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan (VAP) dan Wakil Bupati Minahasa Utara Ir Joppie Lengkong, melalui Dinas Pariwisata bekerjasama dengan PORTDASAP Minut, menggelar lomba Roda Sapi Pacu ini,” jelas Kapoyos, yang juga adalah Ketua DPRD Minut.

Lanjutny, lomba Roda Sapi Pacu merupakan budaya yang ada di Minut yang terus dikembangkan untuk menarik wisatawan. Dan banyaknya peserta lomba yang berasal dari berbagai daerah semakin meningkatkan rasa kebersamaan persatuan dan kesatuan. Menurut Kapoyos, kedepan pada tanggal 30 Desember 2016, juga akan digelar lomba Roda Sapi Pacu tingkat Provinsi, yang akan dilaksanakan di Balitka oleh PORDASI.

Sementara itu, Ketua Panitia pelaksana lomba Roda Sapi Pacu Winovel Lotulung SSos, mengatakan lomba yang sama ini, sebelumnya telah dilaksanakan di Watudambo, yang diikuti 20 pasang sapi peserta, begitu juga di Marinsow (Pantai Pall) 24 pasang sapi peserta dan kali ini di Kolongan diikuti oleh 43 pasang sapi peserta.

“Lomba Sapi Pacu ini juga diikuti pemilik-pemilik sapi dari luar Minut, salah satunya dari Gorontalo. Ini menunjukkan peningkatan dan tingginya antusias pemilik sapi untuk berpartisipasi mengikuti lomba dan antusias penggemar untuk menyaksikan dan meramaikan lomba. Dalam lomba Roda Sapi Pacu ini ada 5 kelas yang dilombakan,” tandas Lotulung, sembari mengungkapkan, bahwa lomba sapi pacu ini berlangsung selama 3 hari (24,25,26 November 2016).(Pow)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*