Rabu, 13 November 2019

Dinsos Manado Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana

manadoterkini.com, MANADO- Beberapa hari terkahir ini, Dinas Sosial Kota Manado melakukan simulasi penanggulangan bencana di Lapangan Malvinas, Kelurahan Paal 4, Kecamatan Tikala.

mawitjere

Kadis saat mengecek langsung kesiapan tempat simulasi pembentukan Kampung Siaga Bencana

manadoKegiatan bertajuk Kampung Siaga Bencana (KSB) Tikala Cerdas tersebut, merupakan simulasi penanganana pasca bencana terhadap korban yang melibatkan aparat Kecamatan Tikala dan petugas Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Kota Manado.

“Di Kampung Siaga Bencana ini akan dilatih bagaimana merencanakan untuk siaga bencana, bagaimana mengorganisir dan menangani ketika terjadi bencana. Siapa melakukan apa ketika ada bencana. Ini proses-proses yang akan diberikan pemerintah lewat Dinas Sosial kepada mereka yang masuk komunitas kampung bencana,” ujar Kadis Sosial Frans Mawitjere.

Diakuinya, tim dari Dinas Sosial Kota Manado telah beberapa hari berada di lapangan Malvinas guna melakukan simulasi siaga bencana. Hal ini pun mengantisipasi jika terjadi relokasi warga di tempat penampungan sementara atau pengungsian.

“Kegiatan ini berlangsung tiga hari sejak Rabu (kemarin,red), namun untuk persiapan seperti pemasanagan tenda telah dilakukan sejak Selasa. Puncaknya Jumat pembentukan Kampung Siaga Bencana Tikala Cerdas oleh Walikota GSVL,” katanya.

Dan puncak pembentukan Kampung Siaga Bencana akan dilakukan langsung Walikota Manado GS VIcky Lumentut pada besok hari. “Kalau tidak ada aral melintang, rencana pembentukan kampung siaga bencana akan dilakukan langsung Pak Walikota,” tandas Mawitjere.(ald)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*