Minggu, 20 Oktober 2019

Hari Juang Kartika, Kodim 1302 Minahasa Gelar Bersih-Bersih di Pusat Kota

manadomanadoterkini.com, AMURANG-Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika (HJK) Tahun 2016, anggota Kodim 1302 Minahasa dan jajaran menggelar Karya Bhakti. Kegiatan sejumlah anggota TNI beserta jajaran Kodim 1302 Minahasa yang di Pimpin Perwira Penghubung (Pabung) Kapten Aring Siging ini diantaranya melakukan pembersihan di seputaran pusat kota Amurang pada Jumat (9/12) pagi tadi.

Hari Juang Kartika TNI-AD adalah tanggal khusus yang khusus diperingati untuk mengenang Pertempuran Ambarawa. Sebelumnya bernama Hari Infanteri. Jenderal Soedirman sebagai pemimpin pasukan menegaskan perlunya mengusir tentara sekutu dari Ambarawa secepat mungkin. Sebab sekutu akan menjadikan Ambarawa sebagai basis kekuatan untuk merebut Jawa Tengah.

do“Pertempuran berakhir dengan kemenangan gemilang dari TKR. Benteng pertahanan sekutu yang tangguh berhasil direbut pasukan TKR,” ujar Pabung Aring Siging kepada manadoterkini.com usai bersih-bersih di pusat kota Amurang.

“Dalam catatan sejarah, kemenangan pertempuran Ambarawa pada tanggal 15 Desember 1945 dan keberhasilan Panglima Besar Jenderal Soedirman ini kemudian diabadikan dalam bentuk monument Palagan Ambarawa. TNI AD memperingati tanggal tersebut setiap tahun sebagai Hari Infanteri,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu dari rangkaian menyambut Peringatan Hari Juang Kartika ke-71 Tahun 2016, yang diikuti oleh, Wakil Bupati Minsel Franky Donny Wongkar SH, Kaplres Minsel AKBP Arya Perdana SH SIK MSi yang diwakili Kapolsek Amurang AKP Arie Prakoso, Sekdakab Minsel Drs Danny Rindengan MSi, kepala-kepala SKPD yang ada dilingkup Pemkab Minsel, para Prajurit TNI, PNS, Kodim 1302 beserta jajarannya, siswa/siswi SMA/SMK serta Ormas.

“Ini merupakan salah satu Serbuan Teritorial yang dilaksanakan oleh TNI AD, sehingga terjalin hubungan yang harmonis dengan masyarakat,” tandasnya.(dav)

Tags: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*