Selasa, 15 Oktober 2019

Bupati VAP Irup HUT Ke-36 Satpam Di Minut

Caption: Bupati dan Kapolres Minut saat menyaksikan devile Satpam, usai Upacara.(foto:stenlypow/mtc)

Caption: Bupati dan Kapolres Minut saat menyaksikan devile Satpam, usai Upacara.(foto:stenlypow/mtc)

manadoterkini.com, AIRMADIDI-Bupati Vonnie Anneke Panambunan (VAP) menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-36 Satuan Pengamanan (Satpam) tingkat Kabupaten, yang digelar di halaman Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Minahasa Utara (Minut), Jumat (30/12/2016).

“Dengan tema ‘Kita Tingkatkan Kompetensi Profesi Satpam Indonesia Dengan Melalui Pelatihan Dalam Rangka Pelaksanaan Tugas Secara Profesional Moderen dan Terpecaya (Promoter) Guna Menciptakan Stabilitas Keamanan dan Ketertiban Di Lingkungan Kerjanya’, Satuan Pengamanan harus dapat bekerja profesional sebagaimana panduan induk yang diterbitkan Polri kepada masyarakat dalam mengelola pengamanan swakarsa secara profesional pada sebuah organisasi, perusahaan atau instansi lembaga pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Kapolri Nomor 24 Tahun 2007,” ujar Bupati VAP, mengutip amanat Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Drs Tito Karnavian MA PhD.

Sementara itu, Kapolres Minut AKBP Eko Irianto SIK mengatakan, setiap perusahaan yang mempekerjakan tenaga Satpam, berkewajiban berkoordinasi dengan kepolisian, karena menyangkut kejadian ataupun tindak kejahatan di lingkungan perusahaan itu juga akan melibatkan pihak kepolisian untuk penanganannya.

“Selama ini banyak beranggapan Satpam tidak harus berkoordinasi dengan kepolisian. Ini wajib dilakukan dan harus melaporkan ke pihak kepolisian, serta harus mendapatkan pelatihan-pelatihan khusus bagaimana cara membela diri, menjaga dan melindungi perusahaan dari tindak kejahatan. Mereka juga (Satpam,red) jika telah melalui pelatihan akan mendapatkan sertifikat, sehingga mereka bisa bekerja di perusahaan manapun,” kata Irianto.

Ditambahkan Ketua Panitia HUT Satpam Jornal Humena SE, kegiatan tersebut digelar dalam rangka penguatan kapasitas Satpam di Minut, sehingga keamanan lingkungan kerja perusahaan tercapai.

“Harapan kami juga para Satpam dapat bekerja profesional dan kinerja lebih baik lagi kedepan, serta peka terhadap kondisi keamanan berbasis lingkungan masyarakat,” tandas Humena, yang juga adalah Kasub Umum Bandiklat Sulut.(Pow)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*