Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

GSVL-Mor Pantau Situasi Kota Manado Dari Ruang Comment Center Cerdas

×

GSVL-Mor Pantau Situasi Kota Manado Dari Ruang Comment Center Cerdas

Sebarkan artikel ini

Semua Gerak-Gerik Pegawai di Manado Terpantau dan Diawasi Sistem

manadomanadoterkini.com, MANADO – Komitmen Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE dalam mewujudkan Manado Kota Cerdas mulai terealisasi dengan hadirnya fasilitas ruangan bernama Manado Command Center Cerdas, di Kantor Walikota Manado.

Ruangan yang terletak di lantai 2 eks ruangan rapat Toar Lumimuut Kantor Walikota itu, telah disulap menjadi ruang kontrol dan pengawasan seluruh aktifitas di Kota Manado termasuk kinerja dan gerak-gerik ASN (Aparatur Sipil Negara) seputar pelayanan ke tengah masyarakat.

“Saya berharap dari ruangan ini, bisa terpantau seluruh kawasan Kota Manado. Ini bertujuan menjawab berbagai keluhan masyarakat terkait layanan publik serta infrastruktur termasuk kebersihan kota. Dari tempat ini, semua bisa terpantau dengan baik,” ujar Walikota GSVL saat meninjau ruangan Manado Command Center Cerdas bersama Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesaejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Manado Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA.

Dikatakan Walikota GSVL, dengan adanya fasilitas canggih tersebut, pelayanan kepada masyarakat akan semakin maksimal. Sehingga, lambat laun Kota Manado menjadi kota modern yang menggunakan teknologi IT.

Selain itu, aktifitas pejabat Perangkat Daerah sampai Camat dan Lurah termasuk ASN atau pegawai lainnya dapat pula termonitor dengan baik. Sehingga mereka yang dipercayakan memegang jabatan di Pemkot Manado harus paham teknologi, serta kehadiran pegawai bisa termonitor dari sistem yang ada.

“Saya berharap pelayanan kepada masyarakat akan lebih maksimal. Tidak hanya aktifitas kota yang terpantau disini, aktifitas ASN dan pejabat di pemerintah Kota Manado dapat pula dimonitor. Tidak ada lagi yang bisa ‘berpolitik’ alias akal-akalan, ada di Mall atau rumah makan tapi mengaku di ruang kerja kantor lagi bekerja. Ini tidak ada alasan lagi nantinya, yang mental begitu harus dihilangkan,” saran Walikota GSVL tersenyum simpul.

Meski belum resmi dioperasikan, dan rencananya pekan depan diresmikan. Namun Walikota GSVL, mendapat penjelasan dari Wawali Mor terkait keberadaan ruangan Manado Command Center Cerdas dalam rangka mewujudkan Manado Smart City.

“Semua dapat kita lihat disini, kalau berwarna merah berarti ada masalah kota yang harus diselesaikan, jika sudah ada penanganan secara otomatis lokasi itu akan berubah warna menjadi kuning. Dan apabila sudah diselesaikan akan berwarna hijau,” jelas Wawali Mor, seraya melakukan uji pantauan lalu lintas beberapa titik di Kota Manado.(hm/tim)