Jum'at, 23 Agustus 2019

Budaya Gotong royong di Desa Rananan Baru Masih Kental

tondo walemanadoterkini.com, AMURANG-Budaya gotong royong masih sangat kental di masyarakat Desa Raanan Baru Kecamatan Motoling Barat Kabupaten Mimahasa Selatan (Minsel). Aksi angkat pindahan rumah penduduk itu sedikitnya dilakukan oleh warga yang ada.

“Kami bangga atas kegiatan yang digagas Hukum tua (Kumtua). Sederhana namun sangat bermanfaat. Masyarakat pun sangat antusias berbondong-bondong mengangkat rumah milik warga yang ingin pindah rumah atau tempat tinggal,” ujar Kumtua Desa Raanan Baru Dua Harto Lumenta di sela-sela aksi gotong royong pada Minggu (15/1) sore tadi.

Dia menjelaskan, gotong royong massal di desanya itu disepakati dalam musyawarah desa. Aksi itu adalah yang pertama kalinya sejak ia menjabat Kumtua Desa Raanan Baru Dua.

“Kami sangat bersyukur karena rupanya budaya warisan nenek moyang kita ini masih terjaga sampai sekarang, khususnya di desa kami. Kegiatan ini akan terus kami galakkan,” ujarnya lagi

Kentalnya budaya leluhur itu juga diakui Sekertaris Camat Motoling Barat Hentje Rumengan SPi.
“Kita bisa melihat, antusiasme warga dan juga nilai-nilai kebersamaan itu terlihat melalui kegiatan ini,” tandasnya.(dav)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*