Minggu, 17 November 2019

Dubes Filipina Sambangi Bitung

manadoterkini.com, BITUNG – Duta Besar (Dubes) Filipina untuk Indonesia Maria Limen B Isleta, bersama dengan rombongan menyambangi Kota Bitung, Kamis (19/1).

Kunjungan kerja Dubes Filipina ini disambut hangat oleh Wakil Walikota Bitung Ir Maurits Mantiri, didampingi Plt Sekretaris Daerah Kota Bitung Drs Malton Andalangi di ruang rapat lantai IV Kantor ‎Pemerintah Kota Bitung.‎

Dalam kesempatan itu, Duta Besar Filipina Maria Limen B Isleta ‎menyampaikan akan serius bekerjasama dengan Indonesia dalam membangun akses jalur laut yang ditujukan untuk pertukaran ‎produk antar negara.

“Kami bersama-sama dengan rombongan datang untuk bekerjasama dengan ‎sungguh-sungguh, kerja sama ini antara Indonesia dan Filpina khususnya di ‎Kota Bitung dan kedepannya untuk tetap stabil dalam bekerjasama, “ucap Maria.

Akses jalur laut ‎ekspor impor secara langsung dengan mengoperasionalkan kapal RoRo ‎(Roll-On,Roll-Off) rute Bitung, Sulawesi Utara (Sulut)- General Santos
City, Filpina.

“Jalur laut ini perlu dioptimalkan untuk meningkatkan arus ‎barang dan penumpang di kedua wilayah. General Satos (GenSan) adalah pusat ‎Perikanan terbesar yang ada di Filipina, “katanya.

Sementara itu, Mantiri menyampaikan terima kasih atas kunjungan kerja ini.‎

“Mewakili Pemerintah Kota Bitung, saya sangat berterima kasih kepada Dubes Filipina Maria Limen B Isleta yang sudah datang untuk bekerjasama ‎dalam bidang perekonomian melalui jalur laut yang ada di Kota Bitung. Ini ‎juga salah satu penunjang demi kemajuan perkembangan perekonomian Kota ‎Bitung nantinya, “ujar Mantiri.

Lanjutnya, percakapan pengusaha Indonesia ‎khususnya yang ada di kota Bitung, untuk pengenalan produk/barang, ‎jalin komunikasi sangat penting guna memantapkan launching kapal RORO yang rencananya pada tanggal ‎27 April mendatang oleh Presiden Jokowi dan Presiden Duterte di Davao City Mindanao.‎

Usai pertemuan ini, Mantiri dengan Dubes Filipina besama rombongan langsung ke Pelabuhan terminal ‎penumpang dan Pelabuhan petikemas Kota Bitung untuk peninjauan lokasi yang ‎rencananya akan di berikan tempat untuk kapal RORO. Rombongan tersebut ‎didampingi oleh General Manager Termional Petikemas Bitung (TPB), Edy ‎Nursewan. (Ref)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*