Senin, 19 Agustus 2019

WUJUDKAN PEMERINTAHAN BERSIH, GSVL-MOR LANTIK SATGAS PUNGLI DAN LUNCURKAN KOMITMEN 953

LIPUTAN KHUSUS

Walikota GSVL Lantik Satgas Saber Pungli Kota Manado

TEKAD Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, mewujudkan Pemerintahan yang bersih dan berwibawa di Kota Manado, direalisasikan dengan pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 200a/KEP/LT.01/Inspekt/2016.

GSVL, Vicky Lumentut, Tim Siber Pungli

Walikota Manado GS Vicky Lumentut

Pelantikan Satgas Saber Pungli Pemkot Manado dilakukan Walikota GSVL di ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Selasa (17/1) dihadiri Wawali Mor dan Kapolresta Manado Kombes Pol Drs Hisar Siallagan. Dimana personil yang terlibat dalam Satgas Saber Pungli selain dari Pemkot Manado, juga melibatkan unsur kepolisian, kejaksaan dan pengadilan.

Walikota GSVL mengatakan pembentukan Satgas Saber Pungli di Pemkot Manado sesuai Peraturan Presiden sudah dilaksanakan sejak tahun 2016 lalu. Namun, Pemkot Manado masih menunggu penyesuaian dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2016.

Siber Pungli, Walikota manado

Menyanyikan lagu Indonesia Raya pelantikan Tim siber Pungli

“Sebenarnya, pembentukan Satgas Saber Pungli dilaksanakan secara Nasional karena merupakan Peraturan Presiden sudah harus dilakukan tahun 2016 lalu, namun karena kita masih menunggu penyesuaian dengan OPD baru, maka kita baru melaksanakan pelantikannya sekarang,” tukas Walikota GSVL, seraya memberikan apresiasi atas terbentuknya Satgas ini dalam upaya menciptakan kinerja pemerintahan yang semakin baik dan bersih disegala bidang.

“Mari bersama-sama kita laksanakan program Saber Pungli ini dengan sebaik-baiknya. Jadikanlah wadah ini sebagai alat aspirasi rakyat yang disampaikan dengan bahasa, sudut pandang dan dukungan positif,” tandasnya.

Pelantikan Tim Siber PungliSelain itu, tambah orang nomor satu di Manado itu, Saber Pungli memiliki kewenangan yang sangat strategis yaitu membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungutan liar, mengumpulkan data dengan menggunakan teknologi informasi.

“Satgas Saber Pungli memiliki tugas melakukan koordinasi, melaksanakan operasi pemberantasan pungutan liar atau melakukan operasi tangkap tangan serta memberikan rekomendasi kepada instansi vertikal dan Walikota Manado,” tukas GSVL.

Siber Pungli, Walikota manadoPelantikan Satgas Saber Pungli Pemkot Manado selain didasarkan pada SK Walikota Manado Nomor 200a/KEP/LT.01/Inspekt/2016 tentang pembentukan Satgas Saber Pungli dilingkup Pemkot Manado, juga amanat ketentuan pasal 8 Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 180/3935/SJ tentang pengawasan pungutan liar dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah. (***)

 

Bakar Semangat Kerja, GSVL-MOR Cetuskan “Komitmen 953”

SELURUH aparatur  jajaran Pemkot Manado diminta harus mampu bekerja dengan baik serta bertekad melaksanakan visi dan misi Walikota GS Vicky Lumentut dan Wawali, Mor Dominus Bastiaan SE (GSVL-MOR) lima tahun kedepan.

Manado, GS Vicky Lumentut, Tim Siber Pungli

Wali Kota, GS Vicvky Lumentut dan Wawali Mor Bastiaan cetuskan komitmen kerja 953 saat Raker bersama seluruh perangkat daerah Kota Manado

Menjaga komitmen dan tekad tersebut, GSVL kembali mencetuskan ide brilian tahun 2017 dengan terobosan atau yang bakal jadi viral Pemkot Manado yakni “Komitmen 953” (9: tanggal pelantikan GSVL-MOR, 5: Bulan pelantikan dan 3: nomor urut GSVL saat pencalonan)

Hal itu dikatakan GSVL saat memimpin Rapat Kerja Perangkat Daerah jajaran Pemkot Manado Awal Tahun 2017, di ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Selasa (17/1).

Walikota Manado, GSVL, Vicky Lumentut

Para kepala perangkat kerja Pemkot Manado menyambut yel yel 953 sebagai komitmen kerja

Menurutnya, Komitmen 953 berisikan “sembilan paham” kemudian “lima siap” dan “tiga semangat” yang memberikan aturan-aturan yang jelas untuk dijalankan para pejabat Pemkot Manado.

 “Saya berharap mereka yang baru saja dilantik mengisi struktur jabatan dalam OPD baru kita, bisa bekerja dan menunjukan kinerja yang baik. Karena kami akan terus melakukan evaluasi kinerja. Saya dan Pak Wakil Walikota berharap ada komitmen antara kami dengan saudara-saudara yang kami namakan Komitmen 953,” tegas GSVL.

Kinerja Pejabat Terus Dievaluasi, GSVL : Tak Sanggup Siap-Siap Diganti

WALIKOTA Manado GS Vicky Lumentut, menegaskan Komitmen 953 ini harus dilaksanakan. Jika tidak sanggup, berarti siap untuk diganti. Apalagi, masih banyak yang antri dan mengincar posisi mereka.

Walikota Manado, GSVL, Vicky Lumentut

Pejabat Pemkot Manado saat menikuti Raker awal tahun 2017 sekaligus pencetusan Komitmen Kerja 953 GSVL-MOR

“Banyak yang antri dibelakang dan mengincar posisi saudara-saudara. Kalau saudara-saudara tidak mampu melaksanakan Komitmen 953 ini, kami akan ganti dengan yang mampu,” ujarnya.

Menariknya, dalam Raker tersebut muncul Yel-Yel baru sebagai penyemangat dan motivasi bagi pejabat Pemkot Manado. “Kalau saya sebut 953, silakan dijawab serempak Cerdas, Paham, Siap, Semangat, untuk Rakyat Kota Manado,” kata GSVL.

Raker yang berlangsung sekira dua jam itu, selain dihadiri GSVL-Mor, juga wakil ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado Ny Imelda Bastiaan Markus, Plt Sekretaris Kota Drs Rum Dj Usulu, para Asisten, pimpinan Perangkat Daerah, Camat dan Lurah se-Kota Manado.(***)

Pejabat Pemkot Manado Sepakat Tanda-Tangani “Komitmen 953″

LANJUTAN Rapat Kerja (Raker) awal Tahun 2017 Perangkat Daerah (PD) jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Manado, dilaksanakan di ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado, Rabu (18/1) pagi hingga malam.

Komitmen 953, Walikota manado, Vicky Lumentut, GSVL

Walikota Manado GS Vicky Lumentut didampingi Wawali Mor Bastiaan dan Plt Sekda Rum Usulu

Seluruh PD dilingkup Pemkot Manado diberikan kesempatan untuk menyampaikan presentasi terkait tugas pokok dan fungsinya termasuk target dan inovasi yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 ini. Rapat dipimpin Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE dihadiri Walikota DR G.S Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kota Drs Rum Dj Usulu, diikuri para Asisten, pimpinan PD, Camat serta Lurah se-Kota Manado.

Sebagian besar presentasi yang dilakukan pimpinan PD mendapat kritikan dan masukan dari Walikota GSVL dan Wawali Mor. Pasalnya, waktu 10 menit yang diberikan kepada masing-masing pimpinan PD, lebih banyak menjelaskan tupoksi dan kurang memberikan penekanan terhadap target dan inovasi pada tahun 2017.

Tanda tangan Pakta Integritas

Para Perangkat Daerah menandatangani komitmen 953 dihadapan Walikota GS Vicky Lumentut dan Wawali Mor Bastiaan

“Rata-rata pimpinan Perangkat Daerah lebih banyak menyampaikan tupoksi, namun target serta inovasi belum dijelaskan secara rinci. Apa saja yang akan dilaksanakan di tahun 2017 serta apa target yang hendak dicapai. Ini yang pokok sebenarnya dalam memanfaatkan waktu yang singkat ini,” ujar Wawali Mor.

Dalam kesempatan itu, Walikota GSVL juga mengingatkan para pimpinan PD agar mampu berkreasi dan berinovasi dalam tupoksi masing-masing melayani masyarakat.

GSVl-MOR, Pemkot Manado

Komitmen 953 Pemkot Manado untuk wujudkan Pemerintahan yang bersih

“Saya ajak mari bekerja sambil berkreasi melakukan inovasi-inovasi dalam meningkatkan layanan publik yang semakin baik,” ujar Walikota GSVL. Disamping itu, tambah orang nomor satu di Manado itu, setiap pejabat Pemkot wajib hukumnya untuk melaksanakan “Komitmen 953″ dalam rangka menciptakan pemerintahan yang transparan, akuntabel dan bebas dari korupsi. “Jangan lupa Komitmen 953 sebagai bentuk tekad kita menjadikan pemerintahan di Kota Manado menjadi pemerintahan yang bersih dan bebas dari masalah korupsi,” tukasnya.

Usai Raker, para pejabat Pemkot Manado sampai Camat dan Lurah secara bersama-sama menandatangani Komitmen 953. “Silahkan ditandatangani Komitmen 953 ini, sebagai bentuk tanggung jawab kita terhadap pelayanan ke masyarakat. Kalau merasa berat dan tak sanggup, silahkan sampaikan permohonan dan mengundurkan diri secara terhormat alias gentle , karena masih banyak ASN yang antri diposisi jabatan yang ada,” tegas Walikota GSVL serius.(***)

Isi Komitmen 953, GSVL Tak Akan Tolerir Pejabat Tersangkut Hukum

KOMITMEN kerja 953 langsung dijadikan Yel Yel tatkala Wali Kota GSVL dengan lantang menyebutkan 953 langsung disambut serentak seluruh pejabat dengan balasan ‘serempak Cerdas, Paham, Siap, Semangat, untuk Rakyat Kota Manado.

953 merupakan anekdog dari pelantikan GSVL-MOR pada tanggal 9 di bulan 5 (Mei 2016) serta 3 adalah nomor urut GSVL-MOR pada pencalonan di Pilkada.

GS Vicky Lumentut, Pemkot Manado

Walikota Manado GS Vicky Lumentut

GSVL membeberkan, komitmen 953 berisikan “sembilan paham” kemudian “lima siap” dan “tiga semangat” yang memberikan aturan-aturan yang jelas untuk dijalankan para pejabat Pemkot Manado.

Dia menjelaskan satu persatu aturan-aturan tercantum dalam Komitmen 953. GSVL memberikan penekanan pada poin 5 dalam “lima siap” dinyatakan siap mundur dari jabatan apabila melanggar hukum atau melakukan praktek asusila atau dinilai kerja tidak baik oleh rakyat/pimpnan.

“Saya tidak akan mentolerir jika ada pejabat yang terlibat narkoba, melanggar hukum apalagi yang terlibat praktek asusila. Jangan mengingini milik orang lain. Jangankan rumput di birman, tikus di rumah juga dimakan,” ketus Walikota GSVL mengingatkan.

Angka sembilan identik dengan tanggal 9 pelantikan dirinya dan Wawali Mor, angka lima artinya bulan Mei dan angka tiga artinya yang dilantik pasangan Nomor Urut Tiga.

“Jadi komitmen 953 ini harus dilaksanakan. Jika tidak sanggup, berarti siap untuk diganti. Apalagi, masih banyak yang antri dan mengincar posisi mereka,” tegas GSVL dalam Raker Wawali Mor,  wakil ketua Tim Penggerak PKK Kota Manado Ny. Imelda Bastiaan Markus, Plt Sekretaris Kota Drs Rum Dj Usulu, para Asisten, pimpinan Perangkat Daerah, Camat dan Lurah se-Kota Manado.

Respon Positif “Komitmen 953″, Ketua BPK RI Sebut GSVL Akan Jadi Legenda Walikota Terbaik di Indonesia

KETUA Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) DR Harry Azhar Azis MA, yakin jika seluruh pejabat Perangkat Daerah (PD) di Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melaksanakan Komitmen 953, Walikota  DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA akan menjadi salah satu legenda Walikota terbaik di Indonesia.

Walikota Manado

Walikota Manado GS Vicky Lumentut menerima kunjungan Ketua BPK-RI DR Harry Azhar Azis MA

Hal itu dikatakan Ketua BPK RI saat menghadiri jamuan makan malam yang dilaksanakan Walikota GSVL dan isteri Prof DR Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA yang juga Rektor Universitas Negeri Manado (Unima), di rumah dinas Walikota Manado, kawasan Bumi Beringin, Kecamatan Wenang, Kamis (19/1).

Menurutnya, Walikota GSVL memiliki komitmen yang tinggi untuk menjadikan pemerintahan di Manado sebagai pemerintahan yang bersih dan taat aturan, sehingga perlu mendapat dukungan dari PD yang ada.

“Saya yakin jika Komitmen 953 dilaksanakan dengan baik, Pak Walikota Vicky akan menjadi salah satu legenda Walikota terbaik di Indonesia. Termasuk pengelolaan administrasi dan anggaran akan berjalan dengan baik sesuai aturan,” tandasnya, didampingi Ketua BPK Perwakilan Sulawesi Utara Endang Tuti Kardiani SE MM.

manado, bpk ri, pemkot manado

Kepala BPK RI DR Harry Azhar Azis MA dijamu oleh Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Rektor UNIMA Prof DR Paula Lumentut Runtuwene

DR Harry juga berterima kasih atas undangan makan malam Walikota GSVL dan Rektor Unima. “Saya berani datang makan malam di rumah dinas Walikota ini, karena bukan dalam rangka pemeriksaan. Jadi saya merasa terhormat, terima kasih Pak Walikota dan Ibu Rektor,” kata Ketua BPK sambil tersenyum..

Dilain sisi, DR Harry menandaskan auditor yang melakukan pemeriksaan terhadap keuangan Pemerintah Daerah, tidak perlu dibayar.

Sehingga, jika ada pegawai BPK yang meminta atau menerima sesuatu terkait tugasnya, dirinya mempersilahkan untuk dilaporkan agar ditindaklanjuti sebagai bentuk pelanggaran. “Saya tegaskan disini, tidak diperkenankan pemeriksa atau siapa saja di BPK yang melakukan tugas pemeriksaan untuk meminta ataupun menerima bayaran, kalau ada silahkan dilaporkan karena ada sanksinya,” ujar Ketua BPK.

BPK RI

Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Kepala BPK RI DR Harry Azhar Azis MA melakukan pertukaran cenderamata

Menyangkut pemberian opini terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) daerah, selaku Ketua BPK RI dirinya tidak boleh melakukan intervensi karena hal itu merupakan wewenang pemeriksa. “Saya berharap opini yang diperoleh sesuai dengan fakta hasil pemeriksaan yang dilakukan teman-teman BPK di daerah. Dan saya tidak akan pernah intervensi, dan semoga Kota Manado bisa terus mempertahankan predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) yang sudah diraih selama ini, ” tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Walikota GSVL ikut memperkenalkan tagline dan slogan baru di Pemkot Manado yakni “Komitmen 953″ yang intinya untuk pelayanan ke tengah masyarakat benar-benar prima atau maksimal. (***)

KOMITMEN KERJA 953 GSVL-MOR:

Siber Pungli

“9 PAHAM”

1. Paham visi dan misi serta isi RPJMD Kota Manado 2016-2021

2. Paham Renstra serta Tupoksi Perangkat Daerah (PD)-nya

3. Paham job discription stafnya

4. Paham semua SOP pada PD nya

5. Paham isi DPA dan progress fisik serta keuangan PD nya

6. Paham masalah pada PD nya

7. Paham manfaatkan TIK dan peka terhadap isu-isu kota yang berkembang di media sosial

8. Paham jadwal dan siklus perencanaan APBD

9. Paham stakeholders dan asset pada PD nya.

“5 SIAP”

1. Siap berkoordinasi dan bekerjasama dengan PD lainnya,

2. Siap berprestasi kerja di PD nya dan laksanakan setiap petunjuk pimpnan,

3. Siap tidak terlibat penyalahgunaan narkoba dan barang terlarang lainnya, hidup bersih dan sehat serta menjadi panutan bagi                 karyawan, keluarga dan masyarakat,

4. Siap menjawab isu-isu yang berkembang di media sosial tentang kinerja Pemkot Manado,

5. Siap mundur dari jabatan apabila melanggar hukum atau melakukan praktek asusila atau dinilai kerja tidak baik oleh                               rakyat/pimpinan.

“3 SEMANGAT”

1. Semangat bekerja cerdas, logis dan cermat serta menjaga integritas dan loyalitas

2. Semangat berinovasi dan memberi pelayanan yang terbaik dalam menjalankan tugas

3. Semangat menjaga dan meningkatkan image Kota Manado dimata propinsi, nasional dan internasional. (liputankhusus)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*