Jum'at, 13 Desember 2019

Terkait Pananganan Penyakit Kanker, Olly Upayakan Ada Lembaga

Olly, Kankermanadoterkini.com, SULUT – Gubernur Sulut Olly Dondokambey menuturkan akan berupaya ada lembaga menangani pasien penyakit kanker. “Kami akan upayakan ada lembaga yang menangani pasien penyakit kanker. Kami akan terus upayakan penanganan untuk mencegah penyakit kanker yang sekarang belum ada obatnya,” kata Gubernur Olly pada peringatan World Cancer Day (Hari Kanker se-Dunia) dirangkaikan dengan Hari Gizi Nasional ke 57 di kawasan Mega Mas, Manado, Sabtu (04/01).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut Dr Debie Kalalo MSc.PH, menuturkan hasil penelitian dasar kesehatan tahin 2013 mengindikasikan angka kejadian kanker Sulut mencapao 1.7 kasus per 1000 penduduk. “Diperkirakan ada kurang lebih 4.000 penderita kanker di Sulut,” kata Kalalo.

Lanjutnya, selama ini berkembang paradigma keliru dalam masyarakat bahwa penyakit kanker ini adalah penyakit yang tidak tersentuh, sekali kena kanker tidak ada harapan lagi.

“Paradigma ini harus dirubah lewat kampanye ini bahwa kanker berbahaya memang benar, tetapi pemerikasaan sedini mungkin dan suport kolektif dari keluarga dan masyarakat akan mampu meningkatkan kesembuhan dari penderita kanker,” kata Dr Debbie.(timredaksi)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*