Sabtu, 14 Desember 2019

Warga Manado Asal Nusa Utara Rayakan Tulude Bersama di Tugu Lilin

manadoterkini.com, SULUT - Pesta adat Tulude merupakan salah satu agenda pariwisata Kota Manado dalam iven Pesona Manado 2017 yang dilaunchng Kementerian Pariwisata Republik Indonesia di Jakarta 21 November 2016 lalu. Jumat (3/2) malam tadi, masyarakat Kota Manado asal Nusa Utara melaksanakan Upacara adat Tulude di kawasan Tugu Lilin, Kelurahan Wenang Utara, Kecamatan Wenang.

tulude

Walikota GS Vicky Lumentut dan Wawali Mor Bastiaan didampingi istri saat akan masuk di lokasi Pesta Adat Tulude, Tugu Lilin

Meski diguyur hujan, tidak mengurangi antusias masyarakat asal Nusa Utara untuk mengikuti prosesi ritual adat Tulude. Diawali dengan upacara penyambutan penyematan topi adat poporong dan selendang.

Dengan mengenakan pakaian adat Nusa Utara berwarna kuning, Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan isteri Prof DR Ny Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA bersama Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE dan isteri Ny Imelda Bastiaan Markus memasuki lokasi Tulude.

TuludePuncak upacara Tulude ditandai dengan pemotongan kue Tamo yang merupakan simbol persatuan dan kebersamaan masyarakat Nusa Utara.

“Kue Tamo bermakna persatuan dan kebersamaan bagi masyarakat Nusa Utara. Disamping itu, dalam pemotongan kue Tamo yang terpenting ucapan-ucapan yang berisi doa-doa,” jelas Ketua Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe Sitaro dan Talaud (IKISST) Sulawesi Utara Drs Agus Tahendung.

TuludeSementara itu, Walikota GSVL mengajak masyarakat Manado asal Nusa Utara untuk bersyukur memasuki tahun baru melalui pesta adat Tulude.

“Mudah-mudahan memasuki tahun baru ini, kita bisa meninggalkan yang jelek-jelek di tahun lalu dan semua yang baik-baik bisa kita lakukan,” tukas orang nomor satu di Manado itu.(ald)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*