Minggu, 22 September 2019

Desa Tondey Butuh Jaringan Internet

manadoterkini.com, MOTOLING-Masyarakat yang ada di Desa Tondey Kecamatan Motoling Barat Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) sangat membutuhkan jaringan internet. Pasalnya, dijaman tekhnologi yang semakin maju ini, internet telah menjelma menjadi kebutuhan masyarakat terutama para pelajar dan pengguna media sosial.

“Bagaimana kami bisa meningkatkan mutu dan kualitas diri, jika jaringan internet saja tidak bisa dipenuhi oleh Pemkab Minsel, sedangkan pelajaran yang kami butuhkan banyak yang tersimpan di internet itu,” kata Stenly Lumenta salah satu pelajar SMAN 1 Motoling Barat ini kepada manadoterkini.com Minggu (5/1) siang tadi.

Hal senada disampaikan Hukum Tua (Kumtua) Tondey Johny Kawengian, Dia menyayangkan, tidak adanya jaringan internet yang dibutuhkan oleh masyarakat setempat, terutama para pelajar dan pengguna sosial media lainnya.

“Sudah dua periode saya mrnjabat Kumtua, sudah banyak masyarakat dan para pelajar yang mengadukan, bahwa mereka sangat menginginkan fasilitas jaringan internet ada disini, sama seperti wilayah lainnya,” ujarnya.

Lanjut Dia, dijaman yang sudah modern ini, tentu segala sesuatunya sudah melalui internet.
“Contohnya kami, jika ingin mengirimkan laporan ke pihak Pemkab, terkait adanya kejadian dan lainnya, untuk lebih memudahkan tentu laporan awal kita gunakan fasilitas internet. Namun karena jaringan internet tidak ada, terpaksa kami harus pergi dulu ke Kecamatan yang memiliki jaringan tersebut, sehingga informasi yang penting disampaikan, terpaksa molor sampai beberapa saat,” ungkapnya.

Sementara itu, menurut informasi dari warga, sudah sejak lama jaringan tersebut tidak ada di Desa Tondey. Hal ini tentu sangat mengecewakan masyarakat Terangun yang haus akan informasi.

“Kami juga sudah pernah mempertanyakan pada Dinas Perhubungan, terkait jaringan internet di Amurang. Akan tetapi, sampai saat ini belum ada informasi dan tindak lanjutnya,” kata Rull Mantik warga Desa Tondey yang juga salah satu wartawan dari media ternama di Sulut.

Dia juga menilai bahwa, pihak provider Telkomsel dalam hal ini sama sekali tidak peduli dengan kebutuhan masyarakat yang ada di Desa Tondey akan jaringan internet yang sudah didambakan oleh masyarakat Desa Tondey. Karena Dia mengaku, sudah beberapa kali menyampaikan  kepada pihak Telkom, baik bertatap muka langsung maupun melalui seluler. Akan tetapi yang ia tunggu, tak juga terpenuhi. Bahkan kini ia sadar, pihak Provider hanya sekedar memberikan janji – janji manisnya saja.

“Sudah berbagai cara kami tempuh, agar jaringan internet bisa dinikmati masyarakat. Namun apa hendak dikata, kami hanya bisa berharapnya,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*