Sabtu, 21 September 2019

Petani di Mitra Akan Dapat Bantuan Bibit Cengkih, Kelapa dan Pala

Bibit Kelapamanadoterkini.com, RATAHAN – Tahun ini bantuan Pemkab Mitra untuk pengadaan 412 bibit cengkih, kelapa dan pala kepada 395 kelompok tani anggarannya berkisar Rp 5,9 miliar.Anggaran yang cukup besar pada APBD 2017 ini bahkan nyaris tidak cukup dikarenakan besarnya animo kelompok tani untuk mendapatkan bantuan bibit.

“Ada proposal yang terpaksa kita tolak setelah melihat kondisi anggaran dan batas waktu pemasukan,” ujar Kepala Dinas Pertania Elly Sangian melalui Kabid Produksi Frangky Lesar, Senin (6/2).

Menurutnya, sebagian besar proposal permohonan bantuan bibit pertanian sudah diajukan oleh  masing-masing kelompok kepada Dinas Pertanian sejak Tahun 2016 lalu.Dan semuanya dilakukan verifikasi yang ketat barulah didapati nama-nama kelompok penerima pada Tahun 2017 ini.

“Jadi untuk sekarang tinggal menunggu proses tender,karena semua ini akan diserahkan kepada pihak ke tiga untuk penyaluran 412 ribu bibit ini,” terang Lesar.

Ditambahkan Lesar,tapi nantinya walaupun telah diserahkan kepada pihak ke tiga, namun Dinas Pertanian akan bertanggungjawab untuk mengawasi penyaluran bantuan ini. “Kami tetap awasi dan memastikan bantuan bibit telah dikelola petani, dan bukan untuk diperjualbelikan,” tambahnya. (Jay)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*