Sabtu, 21 September 2019

Anggaran Ratusan Juta, Relokasi Waruga Di Kawangkoan Minut Diduga Tak Rampung

received_10207986425969581manadoterkini.com, AIRMADIDI-Relokasi Waruga di Desa Kawangkoan Kecamatan Kalawat Minahasa Utara (Minut), untuk kepentingan pembangunan Waduk Kuwil, diduga tidak rampung dan tidak sesuai rencana awal, meskipun anggarannya cukup besar, sekira Rp180-an juta.

Diketahui, Waruga yang berjumlah 70-an yang akan dipindahkan, dari informasi yang ada hanya 47 waruga yang dipindahkan. Dan hasil pemindahan ini disinyalir asal jadi.

Sebelumnya, sesuai paparan tim ahli dari Balai Pelestarian Benda Purbakala dalam pertemuan dengan lembaga adat, ormas adat dan Disbudpar Minut tahun 2016 lalu, pemindahan waruga ini harus ditata dengan baik, minimal sesuai dengan sebelumnya. Selain itu, harus diadakan pemetaan agar letak waruga dari tempat asal teridentifikasi dengan akurat.

Akan hal ini, Pemerhati Budaya Anete Shierly Katiandago menyayangkan hal ini terjadi. Menurutnya, ini harus diseriusi oleh pihak terkait termasuk pemerintah.

“Ini peninggalan sejarah budaya yang harus dijaga dan dilestarikan, karena situs purbakala waruga ini hanya ada di tanah Minahasa,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sekjen Majelis Adat Minahasa Walian Matulandi Supit, saat mengetahui hal ini mengatakan Tim 9 dan Disbudpar Minut harus menuntaskan pemindahan ini, sesuai dengan kondisi semula dengan mengikuti petunjuk ritual yang telah dilaksanakan, apalagi anggaran yang disediakan cukup besar.

“Ini harus diselesaikan dengan baik dan harus dilestarikan, karena Waruga ini adalah salah satu warisan budaya leluhur Tou Minahasa, lebih khususnya sub etnis Tonsea,” tegas Supit, sembari meminta agar lembaga adat di Sulut, terus memonitor perkembangan relokasi Waruga ini.

Sementara ini, Kadis Pariwisata Minut Theodora Luntungan MSi, ketika dikonfirmasi wartawan biro Minut, terkait hal ini mengungkapkan, dirinya tidak tahu soal ini, apalagi soal anggarannya.

“Saat itu Saya belum menjabat sebagai Kadis Pariwisata, untuk itu soal mekanisme penyaluran dana untuk relokasi Waruga itu, Saya tidak tahu. Dan yang saya tahu, dana untuk pemindahan tersebut sebesar Rp180 juta, yang berasal dari Balai Sungai Sulut,” tandasnya.(Pow)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*