Sabtu, 21 September 2019

Umat Tri Dharma Dukung Ivent Pariwisata Manado

Walubi - wawali

Wawali Mor Bastiaan berdialog dengan Walubi Sufandi Siwi di sela-sela proses Cap Go Meh

manadoterkini.com, MANADO – “Umat Tri Dharma sangat mendukung pariwisata Kota Manado”. Demikian diungkapkan Ketua Wali Umat Budha Indonesia (Walubi) Kota Manado yang juga anggota Badan Kerja Sama Antar Umat Beragama (BKSAUA) Manado Sufandi Siwi.

Pada prosesi hari suci Goan Siao tahun 2017 ini diikuti tiga klenteng Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) yakni TITD Kwan Kong jalan DI Panjaitan, TITD Hok Tek Cen Sing Paal 4, dan TITD Tiong Tan Lie Goan Soe Liwas.

“Dalam prosesi tersebut tampil lima Tang Sin (atau dikenal masyarakat Manado dengan Ince Pia). Dimana, untuk prosesi, ada barisan dari Pemkot Manado dan ada barisan ritual umat Tri Dharma,” jelas Siwi, didampingi Ketua Perhimpunan Tempat Ibadah Tri Dharma (PTITD) Kota Manado Jemmy Rumengan.

Apalagi kegiatan tersebut merupakan salah satu agenda yang diprogramkan Walikota GSVL dalam Pesona Manado 2017. Selain PTITD Manado, prosesi Goan Siao juga didukung Majelis Rohaniawan Tri Dharma Indonesia (Martrisia) Kota Manado yang diketuai Indrawati Wangian.

Menariknya, dalam prosesi yang disaksikan ribuan warga Manado serta turis mancanegara dan dihadiri Kapolda Sulut dan Kepala Dinas Pariwisata Propinsi Sulut, Pemkot Manado menampilkan kendaraan hias yang dinaiki Wawali Mor.

Route yang ditempuh start dan finish dipanggung utama depan Klenteng Ban Hin Kiong dengan mengitari jalan berpola kupu-kupu.(timredaksi)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*