Sabtu, 21 September 2019

Banyak PNS Keluyuran, Sekdakab Minsel Minta BKDD dan Satpol – PP Berikan Sangsi Tegas

manadoterkini.com, AMURANG - Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Minahasa Selatan (Minsel) Drs Danny Rindengan MSi angkat bicara soal banyaknya Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab yang keluyuran saat jam kerja. Tindakan dan kinerja abdi negara tersebut dinilai sangat mengecewakan karena mengabaikan kegiatan kedinasan.

“Kami sangat menyayangkan kalau ada ASN tidak melaksanakan kegiatan pada jam kerja. Misalnya keluyuran ke pasar atau berbelanja dan malas masuk kantor. Kalau misalnya keluyuran karena ada tugas dinas, tidak ada masalah,” kata Rindengan saat di konfirmasi diruang kerjanya pada Selasa (14/2) siang tadi.

Menurut Dia menjelaskan bahwa, semestinya tindakan ASN yang suka keluyuran saat jam kerja ini menjadi atensi satuan perangkat daerah (SKPD) di masing-masing dinas dan harus di berikan pembinaan agar para abdi negara itu tidak membiasakan hal tersebut.
“Pembinaanya melalui pimpinan SKPD masing-masing, dan SKPD ini harus menegakkan kedisiplin kepada pegawainya,” jelasnya.

Lanjut Dia, pimpinan SKPD berhak melaporkan stafnya kepada Badan Kepagawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Minsel, bila masih ada ASN yang keluyuran. Selanjutnya BKDD akan memproses laporan untuk di jatuh kansanksi sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Misalnya, pimpinan SKPD tersebut sudah memberikan pembinaan kepada ASN yang bersangkutan. Kemudian masih mengulangi lagi perbuatan nya maka pimpinan wajib melaporkan bawahannya itu ke BKDD,” imbuhnya.

Rindengan juga meminta kepada BKDD, dan Satpol – PP serta pimpinan SKPD untuk meningkatkan pengawasan dan pembinaannya terhadap ASN yang bekerja di instansinya, agar mereka tidak bertindak yang merugikan bagi masyarakat.

“Saya sudah sering intruksikan kepada BKDD dan Satpol – PP untuk memberikan sanksi tegas bila kedisiplinan ASN rendah. termasuk kasus keluyuran ini dan Saya juga intruksikan dua instansi ini untuk melakukan sidak kepada ASN yang keluyuran saat jam kerja,” tandasnya.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*