Minggu, 20 Mei 2018

Wabup Lengkong Paparkan RKPD Minut di Rakorev Provinsi Sulut

minutmanadoterkini.com, AIRMADIDI-Mewakili Bupati Vonnie Anneke Panambunan (VAP), Wakil Bupati (Wabup) Ir Joppi Lengkong, membawakan materi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), di rapat koordinasi dan evaluasi (Rakorev) Provinsi Sulut, yang digelar di graha HV Worang Gubernuran, pekan lalu.

Rakorev RKPD yang melibatkan seluruh kabupaten/kota se-Sulut ini, dipimpin langsung oleh Gubernur Olly Dondokambey, didampingi Wagub Drs Steven Kandouw, dan juga dihadiri unsur Forkompimda Sulut.

“Dasar dari pelaksanaan kegiatan adalah Permendagri 54 tahun 2010 tentang tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi hasil rencana kerja pemerintah daerah, termasuk di dalam pembangunan. Kegiatan ini sangat penting, karena bisa melihat dan mengukur seberapa jauh pelaksanaan pembangunan dan pemerintahan yang ada di tiap kabupaten dan kota sehingga bisa di evaluasi, untuk mengambil rencana ke depan yang lebih baik,” jelas Gubernur Olly, ketika meembuka Rakorev RKPD.

Sementara itu, Wabup Ir Joppi Lengkong, dalam penyampaian laporan evaluasi RKPD Kabupaten Minut tahun anggaran 2016 ini menyampaikan, pembangunan dan pelaksanaan pemerintahan daerah di Kabupaten Minut, di bawah pimpinan Bupati Vonnie Anneke Panambunan dan dirinya, mengacu kepada visi dan RPJMD 2016-2021.

“Yakni Minahasa Utara menjadi Kabupaten Agribisnis, industri dan pariwisata secara terpadu serta berkelanjutan di tahun 2021. Visi ini selaras arah kebijakan yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) tahun 2005-2025, serta tema rencana kerja pemerintah daerah tahun 2016 yaitu memacu pembangunan infrastruktur, perbaikan pelayanan publik guna memperkokoh pembangunan lima tahun kedepan,” kata Wabup Lengkong.

Lanjutnya, yang menjadi prioritas pembangunan adalah, penerapan pemerintahan yang baik, bersih dan melayani, peningkatan infrastruktur daerah, pengembangan sektor pertanian, perikanan, peternakan, kehutanan, industri, perdagangan dan jasa secara optimal, peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan kualitas kesehatan masyarakat menuju Indonesia sehat, pengembangan kawasan industri, peningkatan produk unggulan berdaya saing dan tenaga terampil menghadapi MEA, peningkatan kerjasama nasional, regional dan internasional, serta peningkatan daya tarik pariwisata berbasis ekowisata dan budaya.

Menariknya, pemaparan Wabup Lengkong terkait evaluasi pembangunan daerah dihadapan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta Forkopimda dan peserta Rakorev RKPD se-Sulut, mendapat apresasi. Pasalnya, Kabupaten Minut paling siap, dimana pada pemaparan hasil kinerja menggunakan LCD, lengkap dengan data dan visualisasi.

Wabup Lengkong, pada kesempatan tersebut didampingi Plt Sekda Arnoldus Didi Wolayan SSTP MM, tenaga ahli/staf khusus bupati dan wakil bupati bidang hubungan kemasyarakatan dan informasi teknologi Selfran Wungouw SE dan Kadis PPPA Jofieta Supit.(Pow)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*