Rabu, 11 Desember 2019

Melky Pangemanan: Demokrasi Kebablasan karena “Perilaku Elit Politik”

pangemananmanadoterkini.com, SULUT -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa demokrasi Indonesia saat ini sudah kebablasan. Praktek demokrasi politik saat ini sudah membuka peluang terjadinya artikulasi politik yang tak biasa. Seperti liberalisme, radikalisme, fundamentalisme, sektarianisme dan lainnya.

Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Sulawesi Utara Melky Pangemanan sependapat dengan pernyataan Presiden Jokowi. Menurutnya, praktek demokrasi saat ini yang dinilai kebablasan karena perilaku elit politik dan minimnya pendidikan politik bagi masyarakat.

“Perilaku elit politik yang mau menghalalkan segala cara dan mengorbankan kepentingan publik menjadi salah satu indikatornya,” ujar Melky.

Melky mengungkapkan bahwa penguatan demokrasi yang berkeadilan menjadi tugas dari negara, partai politik dan seluruh elemen masyarakat.

“Tugas kita bersama adalah memastikan keadilan sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia. Negara harus tegas kalau hak sudah diberikan sementara kewajibannya tidak dijalankan. Parpol harus konsisten menjalankan fungsinya salah satunya pendidikan politik dan masyarakat menjadi garda terdepan mengawal demokrasi yang bermartabat,” tandasnya.

Menurutnya Indonesia memang masih sementara mencari format terbaik untuk sistem demokrasi yang lebih baik.

“Kita masih sementara belajar berdemokrasi dan dalam upaya mencari format terbaik penerapan demokrasi yang prosedural dan substantif. Mencapainya dan menjadikan Indonesia kiblat demokrasi dunia adalah cita-cita bersama dengan satu catatan kita mampu memanifestasikan nilai-nilai Pancasila,” tutup Melky. (Jef)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*