Rabu, 11 Desember 2019

Gerakan “MaMa Cabai” di Bitung Tingkatkan Ketahanan Pangan

 

bitungmanadoterkini.com, BITUNG – Guna peningkatan ketahanan pangan dan gizi keluarga, Dra Khouni Lomban-Rawung, MSI selaku Ketua TP-PKK kota Bitung menggagas program gerakan “MaMa (Mari Menanam, red) Cabai”.

Komitmen Rawung ini diimplementasikan melalui MoU dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bitung serta Persit Kartika
Candra Kirana‎.

Penandatanganan MoU ini sendiri dilaksanakan saat serangkaian kegiatan Car Free Day (CFD) pemerintah kota (Pemkot) Bitung, Sabtu (25/02) yang ikut disaksikan Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban SE MSi‎‎.

Menurut Rawung, Gerakan “MaMa Cabai” ini ‎merupakan salah satu bentuk upaya meningkatkan ketahanan pangan dan gizi ‎keluarga serta mendukung program Swasembada Pangan yang sedang digalakkan ‎Presiden Jokowi lewat Kementrian Pertanian.

Selain itu juga sektor Ketahanan ‎pangan di Kota Bitung tidak lepas dari sifat produksi komoditi pangan itu ‎sendiri yang musiman dan berfluktuasi karena sangat mudah dipengaruhi oleh ‎iklim/cuaca. ‎

Perilaku produksi yang rentan terhadap perubahan iklim ‎tersebut tidak dilengkapi dengan kebijakan pangan yang tangguh maka akan sangat merugikan, maka dari pada itu melalui kegiatan ini diharapkan dapat ‎menjadi salah satu solusi dalam mewujudkan ketahanan pangan Kota Bitung.

“Cabai menjadi pilihan yang tepat untuk dikembangkan. Karena kebutuhan ‎cabai masyarakat Sulawesi Utara sangat tinggi hingga mencapai 500 ton‎/bulan.

Gerakan MaMa Cabai ini adalah solusi yang tepat bagi peningkatan ekonomi keluarga ditengah keadaan sumberdaya lahan yang semakin terbatas. ‎

“Apabila program ini sukses maka saya yakin masalah harga cabai yang tinggi ‎akan teratasi secara permanen, maka dari pada itu saya mengajak segenap ‎anggota TP-PKK Kota Bitung untuk ikut mensosialisasikan pentingnya menanam ‎cabai bagi setiap rumah tangga di Kota Bitung sebagai wujud HATI TP-PKK dalam memaksimalkan pemanfaatan pekarangan rumah,” jelas Rawung.

Dikesempatan itu juga Rawung ‎memberikan bibit cabai kepada 8 utusan Kecamatan dan ‎organisasi wanita se kota Bitung.‎ sembari berpesan agar setiap bibit yang diberikan dapat dikembangkan sehingga menghasilkan cabai yang bermanfaat bagi setiap rumah tangga.(ref)

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*