Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanManado

Pemkot Manado Resmi Luncurkan Cerdas Command Center

×

Pemkot Manado Resmi Luncurkan Cerdas Command Center

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, MANADO – Terobosan cerdas Walikota Manado dan Wawali Mor Bastiaan mewujudkan smart city bukan isapan jempol. Terbukti, Senin (26/2/2017) Pemkot Manado melalui Dinas Kominikasi dan Informasi (Kominfo) secara resmi meluncurkan Cerdas Command Center yang mengadopsi sistem serupa di empat kota yakni DKI Jakarta, Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Resmi, pemkot manado
Walikota Manado GS Vicky Lumentut, Wawali Mor Bastiaan, Deputi II Lembaga Sandi Negara Brigjen TNI (Marinir) Suharyanto SE MM dan Kadis Kominfo Sulut Roy Tumiwa serta Kadis Kominfo Manado Erwin Kontu melaunching Cerdas Command Center

Cerdas Command Center (C3) yang merupakan pusat komando terintegrasi dalam rangka pengawasan dan pemantauan seluruh wilayah di Kota Manado.

Dijelaskan Walikota GSVL, pembangunan C3 dimulai bulan November 2016 lalu. Untuk menyempurnakan sistem yang ada, dirinya menugaskan Wawali Mor untuk melakukan study banding di empat kota yang lebih dulu memiliki Command Center, termasuk mendatangi LAPAN.

“Saya ingin dimasa pemerintahan kami, ada terobosan berbasis informasi teknologi dengan membuat Cerdas Command Center. Dimana, selain bertujuan untuk meningkatkan kinerja aparat pemerintah juga untuk percepatan pembangunan di Kota Manado,” tandas Walikota GSVL.

Ditambahkannya, dalam C3 ada Sembilan aplikasi dengan klasifikasi berbeda yang dapat diakses masyarakat. Kesembilan aplikasi tersebut yakni, Qlue Manado, Si Gita (Sistim Gabungan informasi Perangkat, Si Tasya (Sistem Pemantauan Masyarakat), elektronik Governent Letter (e-Gol), Pantau Harga Pangan (Tau-Pang), Lapor Manado, RICCA (Ramalan Iklim Cuaca Cerdas, kanal resmi Pemkot Manado, dan Radio Komunikasi Gagak.

manadoAdapun Launching C3 ditandai dengan penekanan tombol, dan tanda-tangan serta pesan digital oleh Deputi II bidang Keamanan dan Persandian Lembaga Sandi Negara RI Brigjen TNI (Marinir) Suharyanto SE MM dan Kadis Kominfo Sulut Roy Tumiwa mewakili Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE.

Tampak hadir dalam Launching tersebut, Wawali Mor Dominus Bastiaan SE, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kota Manado Drs Rum Dj Usulu, Dandim Manado Letkol Arm Toar Pioh, Direksi Bank SulutGo, para Asisten dan kepala Perangkat Daerah di jajaran Pemkot Manado, para camat dan lurah se-Kota Manado.(ald)