Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanLiputan KhususManado

PESTA ADAT TULUDE DI TUGU LILIN, GSVL MENYATU DENGAN WARGA NUSA UTARA

×

PESTA ADAT TULUDE DI TUGU LILIN, GSVL MENYATU DENGAN WARGA NUSA UTARA

Sebarkan artikel ini

LIPUTAN KHUSUS

Tulude, Salah Satu Kalender Iven Pariwisata Perkaya Budaya di Manado

Tulude Manado
Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut dan Wawali Mor Bastiaan masing-masing didampingi Ketua TP PKK, Prof. Paula Lumentut-Runtuwene dan Ny. Imelda Bastiaan- Markus menghadiri pesta Adat Tulude 2017 didampingi Ketua IKISST Sulut, Agus Tahendung

UPACARA adat Tulude masyarakat Kota Manado asal Nusa Utara dilaksanakan di kawasan Tugu Lilin, Kelurahan Wenang Utara, Kecamatan Wenang, Jumat (3/2) malam tadi.

tulude Manado
Wali Kota, GS Vicky Lumentut dan Mor Bastiaan didampingi istri saat tiba di lokasi Pesta Adat Tulude yang diterima Ketua IKISST Sulut, Agus Tahendung

Pesta adat Tulude ini, merupakan salah satu agenda pariwisata Kota Manado dalam iven Pesona Manado 2017 yang dilaunching Kementerian Pariwisata Republik Indonesia di Jakarta 21 November 2016 lalu.

Meski diguyur hujan, namun tidak mengurangi antusias masyarakat asal Nusa Utara untuk mengikuti prosesi ritual adat Tulude. (***)

 

Wali Kota dan First Lady Manado Disambut Topi Adat Poporong dan Selendang

DIAWALI dengan upacara penyambutan penyematan topi adat poporong dan selendang.

Tulude Manado
Wali Kota GS VIcky Lumentut disambut Topi Adat Poporong

Dengan mengenakan pakaian adat Nusa Utara berwarna kuning, Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan isteri Prof DR Ny Julyeta PA Lumentut Runtuwene MS DEA bersama Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE dan isteri Ny Imelda Bastiaan Markus memasuki lokasi Tulude.

Puncak upacara Tulude ditandai dengan pemotongan kue Tamo yang merupakan simbol persatuan dan kebersamaan masyarakat Nusa Utara.

Tulude Manado
Ketua TP-PKK Manado, Prof Paula Runtuwene disambut dengan Selendang

“Kue Tamo bermakna persatuan dan kebersamaan bagi masyarakat Nusa Utara. Disamping itu, dalam pemotongan kue Tamo yang terpenting ucapan-ucapan yang berisi doa-doa,” jelas Ketua Ikatan Kekeluargaan Indonesia Sangihe Sitaro dan Talaud (IKISST) Sulawesi Utara Drs Agus Tahendung.

Walikota GSVL mengajak masyarakat Manado asal Nusa Utara untuk bersyukur memasuki tahun baru melalui pesta adat Tulude. “Mudah-mudahan memasuki tahun baru ini, kita bisa meninggalkan yang jelek-jelek ditahun lalu dan semua yang baik-baik bisa kita lakukan,” tukas orang nomor satu di Manado itu. (***)

GSVL: Tekad Saya dan Pak Wawali, Terus Lestarikan Budaya di Manado

WALI KOTA GSVL bersama Wawali Mor telah bertekad untuk melestarikan seni dan budaya di Kota Manado. Apalagi, Tulude telah ikut memperkaya budaya di Kota Manado.

Tulude Manado
Wali Kota GS Vicky Lumentut saat menerima prosesi adat Tulude

“Mari kita jaga budaya kita, karena saya dan Pak Mor telah menyatakan tekad untuk melestarikan budaya yang banyak di Kota Manado, termasuk budaya dari Nusa Utara yang telah ikut memperkaya budaya Kota Manado,” tandas GSVL.

Terkait kalender pariwisata pesta adat Tulude, Walikota menyerahkan kepada IKISST untuk menentukan tanggal yang tepat untuk ditetapkan sebagai iven pariwisata tahunan Kota Manado.

Tulude Manado
Wali Kota, GS Vicky Lumentut membawakan sambutan terkait kalender Iven Pariwisata Kota Manado, termasuk Pesta Adat Tulude masuk dalam kegiatan Pariwisata setiap tahun

“Kalau tanggal 3 Februari ini bisa kita sepakati untuk menjadikannya sebagai tanggal pelaksanaan Tulude di Kota Manado. Tetapi saya serahkan kepada IKISST untuk mendiskusikannya, apakah ada tanggal yang lain,” ujar GSVL. (***)

 

GSVL Beberkan Filosofi Tugu Lilin, Tempat Diselenggarakan Tulude

Tulude Manado
Ketua TP-PKK, Prof Paula Runtuwene menerima prosesi adat Tulude

UPACARA pesta adat Tulude yang dialksanakan di Tugu Lilin, menurut Walikota GSVL, memiliki makna yang besar. Karena, lilin melambangkan pengorbanan.

“Lilin ini melambangkan pengorbanan, dia rela hancur untuk menerangi sekeliling. Ini filosofi bagi kita semua. Mari kita jaga dan pelihara untuk kebersamaan kita di Kota Manado,” pungkas Walikota GSVL.

Tulude Manado
Hadir juga dalam acara pesta adat Tulude, Ketua DPRD Manado Henny Noortje Van Bone

Acara yang dihadiri ribuan masyarakat dan tokoh adat Nusa Utara itu dihadiri Ketua DPRD Manado Nortje Van Bone, Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Kota Manado Drs Rum Dj Usulu, Ketua BKSAUA Manado Pdt Roy Lengong STh, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Manado Drs Albert Wuysang, serta para pejabat Pemkot Manado. (aldi/*)